Info

Pijat Telinga Anda Setiap Hari, Ini 5 Efeknya Pada Kesehatan Tubuh!

Memijat telinga setiap hari memberikan efek luar biasa pada kesehatan tubuh.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi telinga, pijat telinga - (Shutterstock)
Ilustrasi telinga, pijat telinga - (Shutterstock)

Himedik.com - Ada banyak cara untuk mengatasi stres, kecemasan, sakit kepala hingga masalah gangguan tidur. Tapi, pijat telinga setiap hari adalah cara paling sederhana untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Memijat telinga bisa memberikan sensasi saraf yang membantu menyenangkan dan membebaskan pikiran Anda dari masalah serta ketidaknyamanan fisik.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 hal yang akan terjadi pada tubuh ketika Anda mulai memijat telinga setiap hari.

1. Nyeri otot berkurang

Memijat telinga setiap hari bisa membantu mengurangi rasa sakit di antara orang yang mengalami nyeri punggung kronis. Hasilnya menunjukkan bahwa ini merupakan cara paling efektif mengurangi ketidaknyamanan.

Menarik dan menggosok telinga dengan lembut, terutama di bagian lobus bisa merangsang banyak ujung saraf dan membantu otak melepaskan endorfin. Hormon-hormon ini membuat kita merasa lebih baik dan menghilangkan rasa sakit.

Selain itu, memijat telinga juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan pemijatan sederhana ini bisa mengelola rasa sakit fisik mereka lebih baik dan ambang rasa sakit meningkat.

Ilustrasi nyeri otot. (Shutterstock)
Ilustrasi nyeri otot. (Shutterstock)

2. Menurunkan stres

Penelitian kecil di antara orang-orang selama periode fertilitas in vitro, membuktikan bahwa memijat telinga adalah langkah terbaik untuk mengatasi stres dan kecemasan.

Karena, telinga merupakan titik utama yang bisa membantu mengatasi stres, panik, gelisah, lelah dan kesal dengan pijatan yang lembut. Titik ini terletak di cangkang atas telinga.

3. Meringankan sakit kepala dan migrain

Obat penghilang rasa sakit bisa memiliki beberapa efek serius yang berpotensi mempengaruhi tubuh serta kesehatan Anda. Tapi, stimulasi pada telinga yang lebih aman bisa membantu mengatasi sakit kepala dan migrain. Apalagi Anda menggabungkan dengan pengobatan alami, seperti teh peppermint.

4. Menurunkan berat badan

Selain olahraga teratur dan menjaga pola makan, Anda juga bisa memijak berbagai titik di telinga setiap hari. Pemijatan pada telinga bisa mendorong penurunan berat badan lebih cepat. Setelah Anda mencapai tujuan Anda, pastikan Anda terus melakukannya untuk menjaga berat badan dan tetap sehat.

5. Mengatasi insomnia

Karena stimulasi telinga memiliki efek relaksasi, Anda bisa melakukannya sebelum tidur untuk menyenangkan diri dan rileks. Meskipun prosedur ini tidak akan membantu Anda menghilangkan insomnia, tapi cara ini bisa membantu Anda merasa lebih rileks dan tidur nyenyak.

Berita Terkait

Berita Terkini