Info

Sehatkah Makan Daging Setiap Hari? Begini Penjelasannya

Makin daging terlalu sering hingga setiap hari mungkin memunculkan kekhawatiran banyak orang.

Yasinta Rahmawati

Makan daging yang dimasak hingga matang. (Unsplash/Prastika Herlianti)
Makan daging yang dimasak hingga matang. (Unsplash/Prastika Herlianti)

Himedik.com - Makan daging membuat perut terasa lebih kenyang. Di sisi lain, makan daging memberi banyak manfaat nutrisi.

Terlepas dari manfaatnya, makan daging setiap hari atau sering mengonsumsinya mungkin menimbulkan kekhawatiran akan memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

Tapi menurut ahli, tidak apa-apa untuk makan daging setiap hari. Dengan catatan, Anda memilih daging yang sehat dan memadukannya dengan makanan bergizi lainnya.

Di sisi lain, seberapa sehat atau tidaknya makan daging setiap hari akan sangat bergantung pada cara pengolahan dan seberapa banyak yang Anda makan.

"Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak daging atau memilih pilihan berkualitas buruk seperti daging yang diawetkan dan diproses seperti hot dog, daging deli, bacon, dan sosis, maka Anda mungkin melebihi batas natrium dan lemak jenuh untuk hari itu," kata ahli gizi Mia Syn, dikutip dari Livestrong.

Ilustrasi cara simpan daging kurban di kulkas, menyimpang daging sapi (Elemen Envato)
Ilustrasi cara simpan daging kurban di kulkas, menyimpang daging sapi (Element Envato)

Seiring waktu, hal tersebut dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker tertentu.

Namun, jika Anda memilih daging yang tidak diproses, daging tanpa lemak dan porsi yang cukup diimbangi sayur dan buah-buahan, makan makan daging setiap hari dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat.

"Jika kita menjaga daging tetap ramping dan dalam jumlah yang tepat, dan mengisi piring dengan semua makanan nabati lainnya, tidak apa-apa," kata ahli gizi Joan Salge Blake.

Berita Terkait

Berita Terkini