Info

Ikan Sarden, Sumber Kalsium Selain Susu yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Ikan sarden adalah salah satu sumber makanan terbaik vitamin D3, yang diyakini paling efektif dari dua jenis vitamin D untuk kesehatan tulang.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi ikan sarden. (Pixabay)
Ilustrasi ikan sarden. (Pixabay)

Himedik.com - Banyak orang memilih mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Namun sebenarnya ada beberapa sumber kalsium lain yang tak kalah baik dari susu, salah satunya yakni ikan sarden.

Makan ikan sarden membantu membangun kekuatan tulang, karena Anda akan memakan ikan utuh, termasuk tulang lunak, sumber kalsium yang sangat penting.

Dilansir dari Eat This, beberapa peneliti telah mencatat bahwa Jepang, memiliki insiden osteoporosis lebih sedikit daripada Amerika Serikat meski mengonsumsi susu jauh lebih sedikit.

Jepang sendiri dikenal akan konsumsi ikan yang tinggi, bersama dengan negara-negara Asia lainnya.

Nutrisi lain dalam ikan sarden, seperti vitamin D dan protein, juga berperan dalam pembentukan tulang. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan mineralisasi tulang, yang membangun tulang lebih padat dan kuat.

Nah, menurut laporan 2010 di jurnal Nutrients, ikan berminyak seperti sarden adalah salah satu sumber makanan terbaik vitamin D3, yang diyakini paling efektif dari dua jenis vitamin D untuk kesehatan tulang.

Ilustrasi sarden (Pixabay/DanaTentis)
Ilustrasi sarden (Pixabay/DanaTentis)

Studi klinis pun telah menunjukkan pentingnya protein dalam melindungi seseorang dari osteoporosis. Sebab, protein membentuk sekitar sepertiga dari massa tulang Anda.

Satu penelitian besar berdasarkan uji klinis Women's Health Initiative dan studi observasional memantau lebih dari 144.000 wanita pascamenopause selama periode enam tahun.

Para peneliti, yang melaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa konsumsi protein yang lebih tinggi dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi secara signifikan di pinggul, tulang belakang, dan tubuh total dan juga risiko patah tulang lengan bawah yang lebih rendah pada wanita.

Jadi jangan terpaku hanya pada konsumsi susu dalam upaya menjaga tulang yang kuat, sebab ikan sarden pun bisa menjadi pilihan. Di sisi lain mengonsumsi ikan sarden yang kaya asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini