Info

Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah 7 Cara Berikut

Olahraga seperti jalan kaki dengan jarak sampai 1 km, atau berlari sekali per minggu selama 70-150 menit dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. (Pixabay)
Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. (Pixabay)

Himedik.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah berada pada 130/80 mmHg atau lebih. Jika tidak dikontrol, hipertensi dapat mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa, seperti meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, setiap orang perlu mengetahui cara menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut dilansir dari Medical News Today, ada 7 cara menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

1. Berolahraga secara teratur 

Olahraga tak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh tapi juga salah satu cara menurunkan darah tinggi yang cukup sering direkomendasikan para ahli kebugaran dan medis.

Olahraga seperti jalan kaki dengan jarak sampai 1 km, atau berlari sekali per minggu selama 70-150 menit dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Bahkan sekalipun Anda hanya bisa berjalan kaki selama 30 menit per hari sudah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, jadi cobalah. 

2. Kurangi asupan natrium 

Anda mungkin sering makan makanan yang mengandung natrium. Mulai sekarang ini harus dikurangi untuk mengatasi darah tinggi. Banyak penelitian mengungkap salah satu cara menurunkan darah tinggi adalah dengan mengurangi asupan natrium yang ada pada garam.

Disarankan untuk mengganti makanan olahan dengan buah-buahan segar, sayuran segar, dan tidak perlu dibumbui banyak garam. Lebih baik dibumbui rempah-rempah saja daripada garam. 

3. Hindari konsumsi alkohol 

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah menghindari konsumsi alkohol. Kalau Anda kadang-kadang atau sering minum alkohol, ini saat yang tepat untuk mengurangi bahkan akan lebih baik lagi jika menghentikan kebiasaan minum alkohol. Sebab, penelitian mengungkap fakta, alkohol terkait dengan 16 persen kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia. 

4. Konsumsi makanan yang mengandung banyak kalium

Peneliti menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium agar terhindar darah tinggi. Kalium merupakan mineral penting yang dapat membantu tubuh membuang natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Makanan yang mengandung kalium dalam tingkat tinggi antara lain:

  • sayuran, terutama sayuran hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar 
  • buah, termasuk melon, pisang , alpukat, jeruk, dan aprikot 
  • produk susu, seperti susu dan yogurt tuna dan salmon kacang 
  • kacangan-kacangan dan biji-bijian 
  • kacang polong

5. Belajar mengelola stress

Stress diketahui sebagai pendorong utama tekanan darah tinggi. Saat perasaan stress meningkat secara kronis, tubuh berada dalam mode fight-or-flight yang konstan. Pada tingkat fisik, itu berarti detak jantung akan jadi lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Berikut tips yang layak untuk dicoba dalam mengurangi stress. 

  • Dengarkan musik yang menenangkan untuk menurunkan tensi sistem saraf.
  • Bekerja dengan santai tidak perlu terburu-buru dan atur jadwal dengan baik, bila bekerja sesuai jadwal, tentunya tidak ada tugas menumpuk dan Anda pun bisa menjadi lebih santai. 
  • Meditasi, langkah ini dapat membantu kita menenangkan pikiran dan menjadi lebih rileks, kita menjadi orang yang tidak mudah naik pitam ketika menghadapi masalah. 

6. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebih beresiko meningkatkan tekanan darah sehingga mudah mengalami hipertensi. Oleh karena itu, salah satu cara menurunkan tekanan darah adalah dengan menjaga berat badan tubuh tetap stabil.

Dengan berat badan tubuh yang stabil atau sesuai dengan tinggi tubuh, maka pembuluh darah dapat melakukan tugasnya dengan baik untuk mengembang dan berkontraksi dan menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Ini berarti ventrikel kiri jantung juga lebih mudah memompa darah. 

7. Berhenti merokok

Kalau saat ini Anda seorang perokok, sangat disarankan untuk berhenti merokok. Rokok bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Berhenti merokok dapat menghindarkan Anda dari kematian dini akibat hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Demikian tujuh cara menurunkan darah tinggi. Semoga bermanfaat.

(Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkini