Info

Waspada, Hormon Stres Bisa Jadi Pemicu Utama Penyakit Jantung

Penelitian sebut bahwa hormon stres bisa menjadi penyebab utama masalah pada jantung.

Fita Nofiana

Stres/bourse-millionnaire.com
Stres/bourse-millionnaire.com

Himedik.com - Hormon stres bisa menjadi pemicu utama masalah jantung. Dalam hal ini, orang yang sensitif terhadap hormon stres bisa berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular atau jantung.

Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan European Society for Pediatric Endocrinology Meeting.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat tes yang dapat membedakan antara orang yang sensitif terhadap hormon stres dan orang yang resisten. 

Melansir dari Healthshots, profil protein yang terkait dengan sensitivitas glukokortikoid termasuk peningkatan penanda risiko gangguan terkait stres seperti stroke dan serangan jantung  mungkin menunjukkan kemungkinan baru untuk diagnostik atau terapi di area ini.

Glukokortikoid (GCs) adalah sekelompok hormon yang diproduksi secara alami di dalam tubuh, salah satunya adalah hormon stres kortisol. Sangat penting untuk metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh yang sehat.

Mereka bertindak sebagai anti-peradangan dan secara rutin digunakan untuk mengobati alergi, asma, dan kondisi lain yang melibatkan sistem kekebalan yang terlalu aktif. Namun, orang merespons secara berbeda terhadap GC.

Tes yang membedakan antara orang yang sensitif dan resisten akan sangat berguna dalam meningkatkan hasil pengobatan.

Protein dalam tubuh kita bertanggung jawab untuk mengenali, mengangkut, dan memengaruhi tindakan hormon seperti GC, jadi mungkin profil protein orang yang sensitif dan resisten dapat menunjukkan efektivitas GC.

Stres kronis telah lama dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke, tetapi perubahan fisiologis yang mendasarinya tidak dipahami dengan baik.

Dalam penelitian ini, Dr Nicolas Nicolaides dan rekan-rekannya di Athena, Yunani, menyelidiki apakah satu set protein dapat diidentifikasi yang akan membedakan antara orang yang sensitif dan resisten terhadap GC.

Setidaknya 101 sukarelawan sehat diberi dosis rendah GC, deksametason, kemudian diberi peringkat dari yang paling sensitif hingga paling resisten, berdasarkan kadar kortisol darah mereka keesokan paginya. Sampel dari 10 persen teratas dan terbawah kemudian dianalisis menggunakan spektrometri massa kromatografi cair untuk mengidentifikasi perbedaan profil protein di antara kelompok-kelompok ini.

Kelompok sensitif memiliki 110 upregulated dan 66 downregulated protein dibandingkan dengan kelompok resisten. Dari protein yang diregulasi dalam kelompok sensitif, beberapa dikaitkan dengan peningkatan pembekuan darah, pembentukan plak amiloid pada penyakit Alzheimer dan fungsi kekebalan.


Dokter Nicolaides mengatakan temuan tim menunjukkan bagaimana peningkatan sensitivitas glukokortikoid dapat dikaitkan dengan gangguan terkait stres, termasuk infark miokard dan otak yang dapat mengarah pada intervensi terapeutik baru.

"Ini adalah penelitian kecil, jadi lebih lanjut, penelitian yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi perbedaan yang diamati antara orang yang sensitif terhadap glukokortikoid dan orang yang resisten," ujar Dr Nicolaides.

“Kami berspekulasi bahwa jika orang yang paling sensitif terhadap glukokortikoid terkena stres yang berlebihan atau berkepanjangan, peningkatan aktivasi sel darah yang dihasilkan dapat mempengaruhi mereka untuk membentuk gumpalan di jantung dan otak, yang menyebabkan serangan jantung atau stroke," imbuhnya. 

Berita Terkait

Berita Terkini