Info

Inlah Perilaku Orang yang Takut Terhadap Penolakan, Kamu Termasuk?

Rasa takut akan penolakan yang tidak diobati dapat memburuk dari seiring waktu.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi takut akan penolakan (Pixabay/Anemone123)
Ilustrasi takut akan penolakan (Pixabay/Anemone123)

Himedik.com - Ketakutan terhadap penolakan sering kali memengaruhi kehidupan sehari-hari. Sebagian besar orang memang akan gelisah ketika berpikir mereka akan menerima penolakan, tetapi ada juga sampai tidak dapat berbuat apa pun karena terlalu takut.

Berdasarkan Verywell Mind, rasa takut akan penolakan yang tidak diobati dapat memburuk dari waktu ke waktu.

Orang yang punya ketakutan terhadap penolakan biasanya memiliki perilaku umum, yakni:

1. Tidak menjadi diri sendiri

Orang yang takut penolakan biasanya khawatir untuk menujukkan diri mereka kepada orang lain. Salah satu caranya adalah dengan 'memakai topeng' saat bersosialisasi.

Ilustrasi bipolar (pixabay)
Ilustrasi berpura-pura (pixabay)

2. Berusaha menyenangkan orang lain

Wajar jika kita ingin membuat orang lain senang, tetapi bagi yang takut akan penolakan, mereka dapat bertindak secara lebih.

Misalnya, selalu mengiyakan apa saja keinginan orang lain meski sebenarnya membuat tidak nyaman atau membawa kesulitan dalam hidupnya.

3. Pasif

Orang-orang dengan rasa takut akan penolakan sering kali berusaha menghindari konfrontasi. Mereka mungkin akan tidak mau mengungkap apa yang diinginkannya atau berbiacara tentang kebutuhannya.

Mereka juga bisa berpura-pura tidak peduli untuk menghindari mengungkap keinginannya itu.

4. Pasif-agresif

Perilaku pasif-agresif biasanya ditunjukkan saat seseorang kecewa atau marah secara tidak langsung. Biasanya perilaku ini didorong rasa takut atau enggan untuk apa yang mereka inginkan.

Pasif agresif ditandai dengan memendam emosi negatif hingga emosi tersebut terungkap lewat tindakan atau kata-kata. Contohnya, mendiamkan seseorang karena hingga orang tersebut menyadari kesalahannya.

Berita Terkait

Berita Terkini