Info

Jangan Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Dampak Buruknya

Mata merupakan organ penglihatan yang penting untuk dijaga.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi mengucek mata.
Ilustrasi mengucek mata.

Himedik.com - Selain polusi udara yang bisa membuat mata kelilipan, lamanya waktu kita menatap layar juga bisa membuat mata lelah dan membuat mata tidak nyaman.

Mata akan mengalami gatal-gatal, kering, lelah, dan perih, sehingga rasanya ingin mengucek mata.

Padahal mengucek mata dapat menyebabkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan mata, dan oleh karena itu disarankan untuk menghindarinya.

Dirangkum dari Healthshots, berikut bahaya dari mengucek mata.

1. Risiko cedera dan kondisi kronis

Jika mata digosok terlalu keras atau terlalu sering, dapat menyebabkan cedera, dan perkembangan penyakit serius seperti keratoconus (penonjolan dan penipisan kornea).

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Ophthalmology, mengucek mata bisa menyebabkan penipisan kornea, tergantung pada periode dan kekuatan kita menggosok mata.

Ilustrasi Mengucek Mata. (Shutterstock)
Ilustrasi Mengucek Mata. (Shutterstock)

2. Bisa sebabkan infeksi atau alergi

Infeksi seperti konjungtivitis dapat terjadi akibat mengucek mata. Ini terjadi ketika bakteri atau virus di jari ditularkan saat mengucek mata. Ini dapat memicu reaksi alergi, dan bahkan dapat menyebabkan kita semakin ingin mengucek mata dengan keras.

3. Iritasi dan sensasi terbakar

Kurangnya kebersihan lingkungan, seperti tidak membersihkan debu dan remah-remah makanan dapat menyebabkan iritasi dan sensasi terbakar jika masuk ke mata. Apabila Anda mengucek mata, ini akan memicu gatal dan menyebabkan kemerahan.

Berita Terkait

Berita Terkini