Info

Tak Hanya Cegah Flu, Ini 5 Manfaat Suntik Vaksin Flu untuk Kesehatan!

Suntik vaksin flu tidak hanya mencegah flu, tetapi juga masalah kesehatan lainnya.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi vaksin Covid-19, vaksin flu. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19, vaksin flu. (Shutterstock)

Himedik.com - Para ahli telah menyarankan semua orang suntik vaksin flu untuk mencegah penularan flu musiman, terlebih di masa pandemi virus corona Covid-19.

Suntik vaksin flu ini dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit musiman yang datang setiap tahun. Bahkan, para ahli juga sekarang sangat menyarankan semua orang suntik vaksin flu untuk menambah perlindungan di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Tapi dilansir dari Times of India, tak banyak yang tahu bahwa suntik vaksin flu juga tidak hanya membantu melindungi kita dari penyakit flu, melainkan berbagai jenis penyakit lainnya.

1. Mencegah masalah kesehatan serius

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) percaya vaksinasi bisa mengurangi risiko rawat inap terkait flu hingga 40 persen. Vaksinasi juga mengurangi risiko flu yang bisa meningkatkan risiko Anda membutuhkan perawatan intensif di ICU.

Ilustrasi Flu. (Freepik.com)
Ilustrasi Flu. (Freepik.com)

Gejala umum flu termasuk demam, nafsu makan rendah, muntah dan diare yang bisa menyebabkan dehidrasi dan pneumonia. Jika Anda memiliki masalah pernapasan atau diabetes, Anda akan lebih berisiko menderita parah akibat flu.

2. Memberikan perlindungan tambahan janin dalam kandungan

Ibu hamil sangat berisiko terkenal flu dan mengalami gejala yang cukup parah dibandingkan wanita lainnya. Karena itu, ibu hamil harus mendapatkan vaksinasi selama awal kehamilan.

Apalagi, vaksin flu ini akan memberikan manfaat kesehatan yang berlipat ganda. Anda tidak hanya melindungi diri sendiri dari flu, tetapi juga anak dalam kandungan yang bisa bertahan hingga 6 bulan setelah bayi lahir.

3. Menurunkan jumlah kematian penderita tekanan darah tinggi

Pada orang yang menderita tekanan darah tinggi, vaksin flu dapat mengurangi risiko kematian sebesar 18 persen selama musim flu. Berdasarkan penelitian yang dipresentasikan pada Kongres Kardiologi Dunia Masyarakat Kardiologi Eropa, pasien dengan tekanan darah tinggi mengalami penurunan serangan jantung, stroke, dan risiko kematian ketika mereka menerima vaksin flu.

4. Melindungi orang lain yang tidak bisa vaksin flu

Suntik vaksin flu juga membantu mengurangi penyebaran influenza secara keseluruhan yang baik untuk semua orang. Jadi, suntik vaksin flu sama halnya kita berperan dalam mencegah epidemi flu.

5. Melindungi anak-anak

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa vaksinasi flu dapat mengurangi risiko kematian anak akibat flu secara signifikan.

Berita Terkait

Berita Terkini