Info

Manfaat Rutin Melakukan Peregangan: Tubuh Lentur dan Tidak Mudah Cedera

Melakukan peregangan diperlukan agar tubuh tidak kaku.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi peregangan. (unsplash)
Ilustrasi peregangan. (unsplash)

Himedik.com - Tubuh yang digerakkan setiap hari namun tidak diimbangi olah tubuh serta peregangan akan menyebabkan cedera.

Sebaliknya, tidak ada gerakan atau sangat sedikit dapat membuat persendian kaku, kurang fleksibel, atau postur tubuh yang buruk. Inilah mengapa melakukan peregangan diperlukan.

Berikut dirangkum dari Live Science, manfaat melakukan peregangan secara rutin.

1. Meringankan sakit punggung

Peregangan dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengendurkan ketegangan pada otot dan meningkatkan aliran darah ke area punggung atas maupun bawah.

Ilustrasi peregangan. (Shutterstock)
Ilustrasi peregangan. (Shutterstock)

2. Tidur lebih nyenyak

Peregangan sebagai bagian dari yoga, dapat meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi stimulasi mental. Sebab saat Anda diam melakukan peregangan dan pernapasan, tubuh beralih dari kelebihan sensorik ke rasa melambat yang mengalir ke seluruh tubuh.

3. Mencegah cedera

Ketika cedera menyerang terkadang bisa bertahan berminggu-minggu atau bulan ketika keluar dari rutinitas kebugaran. Sehingga peregangan adalah cara yang bagus untuk memastikan ini tidak terjadi, karena dapat meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otot dan sendi, memungkinkan lebih banyak transportasi nutrisi, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh,

4. Menenangkan pikiran

Penelitian telah menunjukkan bahwa peregangan statis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis Anda. Sistem saraf parasimpatis Anda bertanggung jawab atas istirahat dan fungsi pencernaan Anda yang mana membantu menginduksi perasaan tenang dan relaksasi.

5. Menjaga otot tetap lentur

Peregangan setiap hari atau beberapa kali seminggu bisa membantu menjaga otot tetap lentur. Kelenturan ini dibutuhkan untuk menjaga rentang gerak pada persendian.

Berita Terkait

Berita Terkini