Info

Sudah dapat Izin dari Indonesia, Novavax Berharap Negara Lain Menyusul

Selain di Asia, Novavax juga telah mengajukan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 ke negara lain.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi vaksin. (shutterstock)
Ilustrasi vaksin. (shutterstock)

Himedik.com - Novavax Inc berharap regulator vaksin di India, Filipina, dan negara lain memberi keputusan terkait penggunaan vaksin Covid-19 mereka, Covovax, dalam beberapa minggu ke depan.

Selain negara di Asia, perusahaan juga telah mengajukan izin penggunaan darurat vaksin mereka ke Kanada serta European Medicines Agency.

Harapan ini muncul setelah Indonesia menjadi negara pertama yang mengizinkan penggunaan Covavax, pada Senin (1/11/2021).

Vaksin Covovax, oleh Novavax Inc yang berbasis di Gaithersburg, Amerika Serikat (AS), akan diproduksi oleh produsen vaksin terbesar di dunia, yakni Serum Institute in India (SII) kemudian dikirim ke Indonesia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga meninjau pengajuan tersebut dan perusahaan berharap peninjauan akan selesai dalam beberapa minggu mendatang.

Indonesia Kerja Sama dengan Novavax dan AstraZeneca. (Rilis)
Indonesia Kerja Sama dengan Novavax dan AstraZeneca. (Rilis)

Apabila WHO menyutujui penggunaan vaksin mereka, Novavax akan mengirimkan dosis mereka ke COVAX, pemasok vaksin ke negara-negara berpenghasilan rendah.

Berdasarkan laporan Asia One, Novavax dan SII bersama-sama telah membangun komitmen untuk menyediakan lebih dari 1,1 miliar dosis bagi COVAX.

Novavax bersama perusahaan farmasi Jepang, Takeda Pharmaceutical Co, sedang mempersiapkan pengajuan perizinan vaksin Covovax agar dapat digunakan di Jepang awal tahun depan.

Tidak sampai di situ, perusahaan juga telah berdiskusi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), berharap pengajuan penuh diberikan dalam beberapa minggu ke depan.

Sebelumnya, Novavax sempat menunda pengajuan perizinan ke AS. Media Politico mengatakan perusahaan menghadapi masalah produksi dan kulitas pada bulan lalu.

Hasil uji klinis besar di AS menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 Novavax terbukti lebih dari 90% efektif melawan berbagai varian virus corona.

Berita Terkait

Berita Terkini