Info

Virus Corona Covid-19 Berisiko Tinggi Menjadi Endemik, Apa Artinya?

Ada dua kemungkinan akhir dari virus pandemi, menjadi 'punah' atau endemik.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Banyak orang berharap virus corona Covid-19 segera hilang sehingga kehidupan dapat kembali seperti sebelum wabah menyebar ke seluruh dunia. Tetapi, apakah virus pandemi akan benar-benar hilang?

Terdapat dua kondisi, lapor The Conversation. Ada virus yang dianggap punah, tetapi ada juga yang menetap namun kasusnya menjadi stabil.

Misalnya saja SARS-CoV, virus corona penyebab SARS pada 2003 silam. Virus ini sempat menyebar ke 29 negara dan wilayah, menginfeksi lebih dari 8.000 orang dari November 2002 hingga 2003.

Berkat intervensi kesehatan masyarakat yang cepat dan efektif, SARS-CoV belum dideteksi lagi pada manusia selama hampir 20 tahun. Inilah mengapa SARS-CoV dianggap punah.

Sementara virus yang bertahan adalah virus influenza, yang sudah dapat diatasi dengan vaksinasi dan kasusnya stabil. Virus-virus inilah yang disebut endemik.

COVID-19 (kuning) di antara sel-sel manusia (biru, merah muda dan ungu), credit: NIAID-RML
COVID-19 (kuning) di antara sel-sel manusia (biru, merah muda dan ungu), credit: NIAID-RML

Apa yang menentukan virus menjadi endemik?

'Nasib akhir' virus tergantung pada seberapa baik ia mempertahankan penularannya.

Ketika virus pertama kali menginfeksi manusia yang belum memiliki kekebalan atau antibodi, penularannya didefinisikan menggunakan istilah R0 (dibaca: R-naught). Ini juga disebut sebagai nomor reproduksi.

Angka reproduksi virus menunjukkan berapa banyak rata-rata seseorang yang terinfeksi dapat menginfeksi orang lain. Contohnya, SARS-CoV pertama memiliki R0 sekitar 2, artinya setiap orang yang terinfeksi rata-rata akan menularkan virus di dalam tubuh mereka ke dua orang.

Untuk SARS-CoV-2 varian Delta, R0 mereka adalah antara 6 sampai 7. Artinya, satu orang yang terinfeksi dapat menularkan virusnya ke 6 hingga 7 orang lain.

Lalu, kita harus melakukan berbagai cara untuk memperlambat laju penyebaran virusnya. Misal dengan memakai masker, menjaga jarak sosial, pelacakan kontak, hingga karantina. Itu semua adalah 'senjata' yang efektif mengurangi penyebaran virus pernapasan.

Karena SARS-CoV tidak mudah menular, hanya perlu sedikit intervensi kesehatan masyarakat untuk menekan virus ke kepunahan.

Berkebalikan, sifat SARS-CoV-2 varian Delta sangat menular. Jadi, tantangan untuk menghilangkan virus akan jauh lebih besar dan ada kemungkinan virus menjadi endemik.

Sama halnya dengan varian asli SARS-CoV-2. Bahkan, orang yang sudah vaksinasi masih dapat terinfeksi meski risiko terkena Covid-19 parah menjadi kecil. Untuk alasan ini, penularan virus corona Covid-19 diperkirakan tidak akan berakhir.

Penting bagi kita untuk mempertimbangkan mengapa SARS-CoV-2 sangat mudah menular dari satu orang ke orang lain, dan bagaimana perilaku manusia berperan dalam penularan virus tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini