Info

Perlukah Menghindari Susu saat Ingin Menurunkan Berat Badan?

Susu sendiri merupakan minuman menyehatkan yang kaya akan nutrisi.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi susu sapi. (Shutterstock)
Ilustrasi susu sapi. (Shutterstock)

Himedik.com - Selain menghindari gorengan dan makanan berlemak lainnya, banyak orang juga menghindari susu saat sedang diet. Namun haruskah kita menghindari susu saat sedang diet?

Sebagai minuman sehat, susu memang mengandung lemak dan tinggi kalori. Dan kedua hal ini memang merupakan faktor yang tidak boleh diabaikan dalam menurunkan berat badan.

Meski demikian, Anda tidak perlu menghindari susu ketika menurunkan berat badan. Sebagaimana dilansir dari Time of India, susu tidak menyebabkan penambahan berat badan. Dan pada kenyataannya, susu dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Minum susu justru akan memberikan Anda sumber protein berkualitas tinggi, serta nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan dan pertumbuhan otot.

Selain itu, susu juga mengandung cukup banyak nutrisi. Mulai dari seng, magnesium, kalsium, vitamin B12, hingga vitamin D. Deretan nutrisi tersebut akan membantu memperkuat tulang serta meningkatkan kekebalan dan metabolisme.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 menyebutkan, orang yang mengikuti diet rendah kalori dapat meningkatkan penurunan berat badan mereka dengan mengonsumsi tiga porsi susu setiap hari, dibanding mereka yang menghindari susu.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan, orang yang mengikuti diet tinggi produk susu dapat mengatur berat badan mereka lebih baik, sehingga mereka memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil.

Selain itu, mengonsumsi sumber kalsium juga dapat mengurangi risiko obesitas, sindrom metabolik, diabetes tipe-2, hingga penyakit kardiovaskular.

Jadi, tak perlu lagi takut minum susu saat sedang diet, ya!

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini