Info

Ada 5 Stadium Kanker Payudara, Ketahui Perbedaannya

Ada perbedaan pada setiap stadium kanker payudara.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi kanker payudara. (pixabay/waldryano)
Ilustrasi kanker payudara. (pixabay/waldryano)

Himedik.com - Kanker payudara masih menjadi ancaman terbesar bagi perempuan, namun para pria juga bisa terkena jenis kanker ini.

Sayangnya, mayoritas pasien kanker payudara didiagnosis saat sudah memasuki stadium akhir, sehingga membuat peluang kesembuhan menjadi sangat kecil.

Perlu diketahui, kanker payudara memiliki lima stadium yakni stadium 0, stadium 1, stadium 2, stadium 3, dan stadium 4 atau stadium akhir. Semakin kecil stadium kanker payudara maka semakin tinggi pula peluang kesembuhan, bahkan hingga 100 persen.

Jadi perlu diketahui perbedaan setiap stadium kanker payudara, sebagaimana mengutip Insider, Selasa (9/11/2021) sebagai berikut:

1. Kanker payudara stadium 0
Stadium 0 kanker payudara adalah tahap paling awal kanker payudara, sering juga disebut dengan ductal carcinoma in situ (DCIS).

Stadium ini mengacu pada kanker yang ada di saluran susu tetapi belum menyebar ke luar saluran atau lobulus, ke jaringan di sekitar payudara.

Stadium ini seumpama bintik kecil kanker yang belum terbentuk menjadi tumor. Pada tahap ini biasanya belum ada gejala, atau belum merasakan dan melihat benjolan di payudara.

Pada tingkat ini jika sel kanker ditemukan dan dihilangkan, maka peluang hidup alias selamat dari kanker payudara adalah 100 persen.

2. Kanker payudara stadium 1
Pada tahap ini, sel kanker payudara sudah menyebar ke jaringan di sekitar payudara, tapi masih di area kecil. Stadium 1 dibagi menjadi stadium 1A dan 1B.

Stadium 1A berarti tumor berukuran 20 milimeter (mm), dan kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Sedangkan 1B tidak ada tumor, atau ukuran tumor kurang dari 20 mm di payudara, tapi sel kanker berada di kelenjar getah bening.

Banyak orang yang memiliki kanker payudara stadium 1 tidak bergejala, tapi beberapa perempuan merasakan benjolan. Peluang selamat pada tingkat ini sebesar 98 hingga 100 persen jika ditemukan.

3. Kanker payudara stadium 2
Pada tahap ini, kanker payudara telah tumbuh lebih besar tetapi masih terbatas di daerah payudara. Stadium 2 dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Stadium 2A, tidak ada tumor atau tumor kecil berukuran hingga 20 mm di payudara, ditambah kanker menyebar ke kelenjar getah bening di bawah lengan. Atau ada tumor 20 hingga 50 mm di payudara, tetapi kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Stadium 2B, ada umor berukuran 20 hingga 50 mm berada di payudara, dan kanker telah menyebar ke antara satu dan tiga di sekitar kelenjar getah bening. Atau tumor lebih besar dari 50 mm tetapi kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Peluang selamat atau sembuh pada stadium ini sebesar 90 hingga 99 persen jika ditemukan.

4. Kanker payudara stadium 3
Di stadium 3 kanker payudara, sel kanker telah menyebar melewati payudara atau ukuran tumor berukuran jauh lebih besar. Stadium 3 terbagi dalam tiga kategori, yakni:

  • Stadium 3A, kanker ditemukan di 4 sampai 9 di sekitar kelenjar getah bening, dengan atau tanpa tumor di payudara. Atau ada tumor payudara lebih dari 50 mm, dan kanker telah menyebar ke antara 1 dan 3 di sekitar kelenjar getah bening.
  • Stadium 3B, kanker telah menyebar ke kulit, menyebabkan pembengkakan atau peradangan. Atau kanker mungkin memasuki kulit dan menyebabkan luka. Atau kanker menyebar ke 9 kelenjar getah bening di bawah lengan atau kelenjar dekat tulang dada.
  • Stadium 3C, sel kanker telah menyebar di 10 atau lebih kelenjar getah bening ketiak. Atau sudah menyebar ke kelenjar getah bening di dekat tulang selangka. Atau menyebar di beberapa kelenjar getah bening ketiak dan kelenjar getah bening di dekat tulang dada. Atau sudah menyebar ke kulit payudara.

Peluang selamat atau sembuh pada stadium ini sebesar 66 hingga 98 persen jika ditemukan.

5. Kanker payudara stadium 4
Stadium 4 kanker payudara sering juga disebut metastatik, yakni stadium paling lanjut kanker payudara. Pada tahap ini kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat dan ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru, hati, otak, atau tulang.

Jika kanker telah menyebar ke tulang, pasien mungkin mengalami nyeri tulang atau nyeri punggung, dan jika telah menyebar ke hati, pasien mungkin mengalami nyeri di sisi kanan perut mereka.

Lantaran kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain, peluang selamat atau sembuh dari stadium ini dalam kurun waktu 5 tahun adalah 28 persen.

"Dengan perawatan yang kami miliki saat ini, kebanyakan pasien, sayangnya, tidak sembuh dari kanker mereka," ujar Norah Lynn Henry, MD, Ketua Pusat Kanker Rogel, Universitas Michigan.

(Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Berita Terkait

Berita Terkini