Info

Tidak Hanya pada Rambut, Lidah Buaya Punya Segudang Manfaat untuk Kulit

Banyak manfaat lidah buaya, dari mengatasi iritasi hingga meratakan warna kulit.

Rosiana Chozanah

Tanaman lidah buaya. (pixabay)
Tanaman lidah buaya. (pixabay)

Himedik.com - Lidah buaya memiliki beragam manfaat, baik untuk kulit maupun untuk rambut. Bahkan, lidah buaya juga bisa dijadikan 'obat' bagi kulit iritasi.

Selain itu, lidah buaya juga terkenal untuk meredakan sengatan matahari serta mengatasi ketombe.

Berdasarkan Insider, berikut lima manfaat lidah buaya:

1. Sebagai pelembab

Gel lidah buaya murni mengandung sekitar 99% air sehingga sangat bagus untuk melembabkan kulit.

"Ini juga membantu mencegah kehilangan air transepidermal, yaitu ketika Anda kehilangan kelembapan melalui kulit, membuatnya lebih mungkin iritasi, gatal, dan kering," jelas dokter kulit kosmetik Dendy Engelman, MD.

Setelah gel terserap, maka akan menyegel kelembapan. Menjadikannya bahan kuat dalam pelembab untuk jenis kulit kering dan minyak.

2. Mengatasi eksim

"Aloe adalah bahan yang bagus untuk orang yang memiliki kulit kering atau kondisi seperti eksim," imbuh dokter kulit Joshua Zeichner, MD.

Eksim adalah kondisi kulit gatal, membantuk bercak kering yang tidak nyaman. Bahkan, terkadang menyebabkan kulit retak dan terluka.

Lidah buaya. (Shutterstock)
Lidah buaya. (Shutterstock)

3. Menyembuhkan kulit terbakar

Karena lidah buaya melawan peradangan, ini juga obat yang bagus untuk kulit terbakar.

Lidah buaya mengandung senyawa antrakuinon, yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Antrakuinon juga dapat membantu meredakan rasa sakit.

4. Mencegah hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu pada kulit memproduksi pigmen melanin secara berlebihan, menciptakan bintik hitam. Ini dapat disebabkan sinar matahari atau cedera kulit lainnya.

"Lidah buaya mengandung senyawa aloesin, yang mengurangi produksi melanin berlebihan dan dapat membantu meratakan warna kulit Anda", sambung Engelman.

5. Memudarkan bekas luka

Lidah buaya dapat membantu menghaluskan tekstur bekas luka dengan meningkatkan produksi kolagen, protein yang membantu penyembuhan luka.

"Lidah buaya juga dapat membuat bekas luka kurang terlihat dengan mengurangi kelebihan melanin yang membuatnya menonjol dari bagian kulit lainnya," tandas Engelman.

Berita Terkait

Berita Terkini