Info

Selain Yogurt, Ini Makanan yang Baik untuk Kesehatan Usus

Brikut beberapa asupan prebiotik terbaik untuk kesehatan usus.

Yasinta Rahmawati

Asparagus. (Simply Recipes)
Asparagus. (Simply Recipes)

Himedik.com - Asupan probiotik seperti yogurt, kefir, dan produk fermentasi susu lainnya sering diandalkan untuk menjaga kesehatan usus. Namun selain probiotik, prebiotik juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan usus.

Menambahkan lebih banyak prebiotik ke dalam asupan harian juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dan mengurangi peradangan.

Dapat dipahami bahwa probiotik adalah mikroorganisme hidup, sedangkan prebiotik merupakan serat yang menjadi makanan bagi mikroorganisme.

Sehingga, probiotik adalah bakteri baik dan prebiotik adalah asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut.

Prebiotik berasal dari sumber tumbuhan, termasuk sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat kompleks, termasuk biji-bijian seperti oat yang tinggi serat.

Dirangkum dari The Healthy, berikut beberapa asupan prebiotik terbaik menurut ahli nutrisi.

Ilustrasi kesehatan usus (Pixabay)
Ilustrasi kesehatan usus (Pixabay)

1. Pisang mentah

Meskipun semua pisang menyediakan sumber serat, pisang hijau mentah adalah yang ideal sebagai prebiotik.

"Pisang mentah (hijau) adalah sumber pati resisten yang hebat , dan bertindak sebagai serat larut yang melewati sistem pencernaan yang tidak tercerna hingga mencapai usus besar," kata ahli gizi Clark-Hibbs.

"Begitu di usus besar, ia bertindak sebagai sumber bahan bakar untuk serangga usus baik yang hidup di sana dan dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi dari kanker kolorektal," jelasnya.

2. Oat atau gandum

Oat menyediakan sumber serat dan biji-bijian yang baik, termasuk serat prebiotik beta-glukan. Beta-glukan yang ditemukan dalam gandum memiliki manfaat penurun kolesterol dan juga dapat membantu meningkatkan fungsi usus.

3. Bawang putih

Tak sekadar membuat masakan lebih sedap, bawang putih kaya akan inulin prebiotik yang telah terbukti bermanfaat bagi pencernaan secara keseluruhan, mendiversifikasi mikrobioma usus, mengurangi akumulasi lemak, dan meningkatkan kontrol nafsu makan.

Ilustrasi bawang putih. [Freepik]
Ilustrasi bawang putih. [Freepik]

4. Blueberry

Polifenol dalam blueberry bertindak sebagai sumber prebiotik, yang memungkinkan mereka untuk memberikan manfaat anti-inflamasi dan manfaat kardiovaskular , terutama pada mereka dengan sindrom metabolik.

5. Asparagus

Sayuran ini secara alami mengandung serat prebiotik inulin, yang telah ditemukan untuk membantu kesehatan pencernaan sekaligus membantu menjaga kadar glukosa darah dan insulin yang sehat.

Asparagus juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik seperti vitamin C, vitamin A dan vitamin seperti folat dan vitamin K yang meningkatkan kesehatan tulang dan mineral seperti zat besi dan seng.

Berita Terkait

Berita Terkini