Info

Letakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah, Ini Manfaatnya untuk Otak!

Meletakkan tanaman hias di dalam rumah bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Shevinna Putti Anggraeni

tanaman hias (Pixabay/KatiaMaglogianni)
tanaman hias (Pixabay/KatiaMaglogianni)

Himedik.com - Tanaman hias bukan hanya sekadar tumbuhan yang indah dipajang, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Apalagi, kalau Anda meletakkan tanaman hias di dalam rumah dan kantor.

Dr Michael Mosley pun menjelaskan manfaat meletakkan tanaman hias di dalam ruangan untuk kesehatan dan kesejahteraan orang. Bahkan, ia pun telah meletakkan beberapa tanaman hias di kantor dan rumahnya.

Menurut Dr Mosley, sebuah penelitian menunjukkan bahwa meletakkan tanaman hias di dalam ruangan bisa membantu meningkatkan daya ingat, produktivitas, suasana hati, dan mengurangi polusi udara.

Tanaman hias ini bisa meningkatkan kesehatan kita dengan mengurangi polusi udara dalam ruangan di rumah dan kantor. Selain itu, tanaman hias juga bisa membantu meningkatkan kelembapan yang bermanfaat untuk kulit.

Dr Mosley juga menjelaskan bahwa polutan udara dalam ruangan meliputi senyawa organik volatil (VOC) dan juga karbon dioksida (CO2). Konsentrasi CO2 dalam tingkat normal tidak membahayakan, tetapi Konsentrasi CO2 yang lebih tinggi bisa mengganggu pola pikir dan pengambilan keputusan.

tanaman hias (Unsplash/Content Pixie)
tanaman hias (Unsplash/Content Pixie)

Polutan dalam ruangan ini juga berbahaya untuk kesehatan lainnya. Studi oleh Royal College of Physicians mengaitkannya dengan berbagai masalah kesehatan, seperti asma, mengi, konjungtivitis, dermatitis dan eksim.

Pada tahun 2006 dilansir dari Express, para peneliti menemukan bahwa tanaman hias bisa membantu menurunkan kadar VOC 50 hingga 70 persen. Penelitian ini membuktikannya dengan meletakkan tanaman hias ke 60 kantor dengan kadar VOC tingkat tinggi.

Sebuah studi yang lebih baru menunjukkan bahwa tanaman hias yang diletakkan di kantor dan rumah bisa membantu meningkatkan daya ingat dan suasana hati.

Penelitian lain dari Noway yang meletakkan tanaman hias di dalam kantor, sekolah dan departemen radiologi sebuah rumah sakit juga menemukan langkah ini bisa mengurangi batuk, sakit kepala dan kelelahan.

Dr. Tijana Blanusa, Ilmuwan Utama untuk Royal Horticulture Society, mengatakan Anda bisa membuktikan hubungan antara tanaman hias dan kesehatan dengan cara membawanya bepergian.

Studi yang dilakukan Dr Blanusa menemukan bahwa membawa tanaman hias berpergian pun bisa membantu mengurangi stres, efisiensi dan perhatian.

Jika Anda menghadapi masalah stres karena beban pekerjaan yang banyak, Anda mungkin bisa meletakkan tanaman hias di dalam rumah atau ruangan kerja.

Berita Terkait

Berita Terkini