Info

Makan Kimchi Ala Orang Korea Selatan, Rasakan 6 Manfaat Kesehatannya!

Konsumsi kimchi secara rutin memberikan banyak manfaat kesehatan.

Shevinna Putti Anggraeni

Kimchi. (pixabay)
Kimchi. (pixabay)

Himedik.com - Ada banyak makanan Korea Selatan yang sudah tersedia di Indonesia, salah satunya kimchi.

Kimchi merupakan sayuran yang difermentasi, seperti kubis, lobak, dan daun bawang. Kemudian, sayuran itu diberi berbagai macam bumbu, seperti garam, gula, bawang merah, jahe, bawang putih dan cabai.

Di Korea Selatan, orang-orang sengaja mengawetkan sayuran karena beberapa sayuran memang tidak tersedia sepanjang tahunnya.

Sehingga, metode pengawetan ini cukup membantu mereka supaya bisa mengonsumsi makanan sehat sepanjang waktu.

Ilustrasi kimchi. (Pixabay/bourree)
Ilustrasi kimchi. (Pixabay/bourree)

Namun kimchi yang merupakan sayuran hasil fermentasi ini tidak hanya berbau harum, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi kimchi.

1. Menajaga kesehatan usus

Kimchi mengandung banyak probiotik, yakni bakteri baik yang hidup untuk menjaga sistem pencernaan Anda. Konsumsi kimchi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dengan membantu mencegah masalah pencernaan. Selain itu, probiotik dalam kimchi juga membantu mencegah banyak masalah kesehatan lainnya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena probiotik dalam kimchi bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan, ini artinya juga bisa membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Apalagi, proses fermentasi dalam pembuatan kimchi juga menggunakan bakteri Lactobacillus yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat peradangan. Selain itu, vitamin C dalam kimchi juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengandung banyak nutrisi

Kimchi juga penuh dengan beta-karoten dan komponen antioksidan lainnya yang bisa membantu menurunkan risiko masalah kesehatan serius, seperti penyakit kardiovaskular (CVD), stroke, diabetes dan beberapa jenis kanker lainnya. Makanan ini juga merupakan sumber vitamin A, C dan K serta kalsium dan potassium.

4. Mengurangi peradangan tubuh

Kimchi juga memiliki sifat anti-inflamasi dari probiotik dan HDMPPA yang bisa mengurangi peradangan pada tubuh. Sebuah penelitian pada hewan di Journal of Microbiology, menemukan bahwa jenis probiotik spesifik dalam kimchi bisa melawan peradangan di usus.

5. Menurunkan berat badan

Banyak orang tertarik dengan metode penurunan berat badan di Korea. Ternyata, makanan fermentasi juga salah satu yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Karena kimchi makanan fermentasi dengan kalori rendah, tinggi serat, dan banyak pribotik, maka mengonsumsi kimchi bisa membantu menjaga berat badan ekstra.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan Kimchi bisa mengurangi kadar kolesterol "jahat" (LDL) dalam tubuh. Pada gilirannya, hal ini bisa membantu menjaga atau meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, makan kimchi secara teratur juga dapat mengurangi peradangan, yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini