Info

5 Manfaat Mendengarkan Musik, Tak Cuma Bikin Mood Lebih Baik

Dari menurunkan tingkat stres hingga membuat tidur lebih nyenyak, berikut manfaat mendengarkan musik yang perlu Anda tahu.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi mendengarkan musik. (pixabay)
Ilustrasi mendengarkan musik. (pixabay)

Himedik.com - Mendengarkan musik sudah menjadi bagian hidup banyak orang. Mendengarkan musik sering dilakukan untuk menemani musik, olahraga, maupun jalan santai.

Diari segi kesehatan, mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental seseorang. Bahkan, mengikuti pelajaran musik juga mampu meningkatkan IQ seseorang, di mana ini akan membentuk pemikirannya agar lebih tajam.

 Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari mendengarkan musik tersebut, dilansir dari Kent Teach.

  • Bisa meningkatkan kebahagiaan

Mendengarkan musik yang enak dan bahagia dapat meningkatkan hormon kebahagiaan. Sebuah studi dari The neuroscience of musical chill, yang dilakukan oleh The Montreal Neurological Institute and Hospital, mengungkap bahwa musik dapat melepaskan hormon bahagia lewat dopamin.

  • Dapat meningkatkan performa

Ketika seseorang melakukan olahraga lari sambil mendengarkan musik, dikatakan dapat meningkatkan performanya. Jika Anda tertarik untuk melakukannya, disarankan untuk mendengarkan musik yang bisa meningkatkan kemampuan lari Anda. Tentunya, bisa dicoba lewat lagu yang membawa nada semangat.

Terbukti, mendengarkan musik dapat menurunkan kadar hormon stres. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian, yang menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh yang meningkat terjadi ketika seseorang aktif berpartisipasi bermain musik dan bernyanyi.

  • Membantu tidur lebih nyenyak

Ternyata manfaat mendengarkan musik bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini telah dibuktikan lewat sebuah penelitian, di mana siswa yang mendengarkan musik klasik santai selama 45 menit sebelum tidur, secara signifikan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Dikatakan, lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia menderita gangguan depresi. Dan 90 di antaranya mengalami insomnia. Sebuah penelitian tentang tidur mengungkapkan, mendengarkan musik klasik disebut mampu menurunkan gejala depresi.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini