Info

Perubahan Kecil dalam Hidup Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh, Apa Saja?

Metabolisme tubuh ternyata bisa ditingkatkan dengan beberapa hal sederhana yang kita lakukan sehari-hari.

Yasinta Rahmawati

ilustrasi olahraga.
ilustrasi olahraga.

Himedik.com - Anda pasti sering mendengar bahwa menjaga metabolisme tubuh itu penting. Selain menjaga Anda tetap sehat secara keseluruhan, metabolisme tubuh yang baik juga kunci untuk menurunkan berat badan

Metabolisme yang sehat dan cepat adalah langkah dasar untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat. Sebab penyerapan nutrisi dan pembakaran kalori juga dipengaruhi oleh metabolisme tubuh. 

Tahukah Anda? Metabolisme tubuh ternyata bisa ditingkatkan dengan beberapa hal sederhana yang kita lakukan sehari-hari. Dilansir dari Times of India, berikut perubahan kecil yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, 

1. Tambahkan protein dan serat ke dalam makanan Anda
Makanan kaya protein dan serat baik untuk tubuh Anda. Protein membantu membangun otot dan serat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda dari makan berlebihan.

Meningkatkan jumlah protein dalam diet harian Anda tidak hanya menjaga agar makan tidak berlebihan, tetapi juga membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Jaga agar diri Anda tetap terhidrasi
Menjaga diri Anda terhidrasi sangat penting untuk tetap sehat. Tubuh yang terhidrasi membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik. Jadi, pastikan untuk minum banyak air sepanjang hari.

Selain air putih, Anda juga bisa mendapat asupan air dari air kelapa, jus sayuran, dan jus buah untuk detoksifikasi tubuh Anda.

3. Aktivitas fisik
Duduk berjam-jam dapat memperpendek umur Anda. Seseorang harus melakukan aktivitas fisik dalam bentuk apapun yang mereka suka. Aktif secara fisik tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental. Jadi, berolahragalah setidaknya lima hari seminggu selama 40-45 menit setiap hari.

4. Tidur
Tidur selama 6-8 jam penting untuk meremajakan tubuh Anda. Tidur adalah waktu ketika tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri. Tidur malam yang baik memberi Anda energi yang cukup untuk hari berikutnya.

Cobalah untuk tidur lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal di pagi hari, karena kebiasaan ini membantu menjaga rutinitas dan baik untuk ritme sirkadian tubuh.

5. Lakukan latihan intensitas tinggi
Latihan intensitas tinggi melibatkan aktivitas yang cepat dan intens. Ini membantu Anda membakar lebih banyak lemak dengan meningkatkan tingkat metabolisme, bahkan setelah Anda selesai berolahraga.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang kelebihan berat badan menemukan bahwa 12 minggu latihan intensitas tinggi dapat mengurangi BMI mereka sebesar 2 kilo dan lemak perut sebesar 17 persen.

6. Makan makanan pedas
Paprika memiliki capsaicin, zat yang dapat meningkatkan metabolisme Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa capsaicin dalam dosis kecil dapat membantu Anda membakar 10 kalori lebih banyak setiap kali makan.

Secara keseluruhan, efek menambahkan bumbu ke makanan Anda tidak terlalu signifikan. Meskipun itu dapat menghasilkan sedikit keuntungan bila dikombinasikan dengan strategi peningkatan metabolisme lainnya.

7. Ganti lemak goreng dengan minyak kelapa
Minyak kelapa relatif tinggi lemak rantai sedang dibandingkan dengan lemak jenuh lainnya. Lemak rantai sedang dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda daripada lemak rantai panjang yang ditemukan dalam makanan seperti mentega.

Sebuah studi menemukan bahwa lemak rantai sedang meningkatkan metabolisme sebesar 12 persen dibandingkan dengan lemak rantai panjang, yang hanya meningkatkan metabolisme sebesar 4 persen.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini