Info

Berkeringat Saat Olahraga Bukan Berarti Kalori Anda Terbakar, Ini Faktanya!

Keringat menandakan bahwa tubuh sedang 'mendinginkan diri'.

Rosiana Chozanah

Berkeringat saat olahraga. (Cari Sehat)
Berkeringat saat olahraga. (Cari Sehat)

Himedik.com - Banyak orang menganggap keringat yang keluar saat berolahraga menandakan pembakaran kalori berhasil. Tapi faktanya tidak demikian.

Olahraga memicu peningkatan suhu internal, yang pada waktu tertentu memberi tahu tubuh sudah waktunya mendinginkan diri dengan berkeringat.

Menurut profesor di departemen fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Kentucky, Amerika Serikat, Thad E. WIlson, berkeringat merupakan cara untuk mendinginkan tubuh selama olahraga.

Pada dasarnya, berkeringat sendiri tidak memengaruhi berapa banyak kalori yang terbakar. Memang proses berkeringat membutuhkan sejumlah energi, tetapi tidak cukup banyak untuk membuat perbedaan besar dalam penurunan berat badan, lapor Health.

Olahraga sembari mendengarkan musik. (thinkstock)
Olahraga (thinkstock)

Pelatih pribadi bersertifikat Gabbi Berkow mengatakan keringat hanyalah indikasi bahwa tubuh kehilangan air, bukan lemak tubuh.

Aktivitas fisik pada umumnya membakar kalori. Semakin intens seseorang menggunakan otot besarnya, semakin banyak kalori yang akan digunakan tubuhnya, serta semakin banyak keringat yang akan dihasilkan tubuhnya.

Pembakaran kalori paling banyak terjadi pada saat melakukan olahraga aerobik versus latihan beban. Tetapi jika melakukan latihan beban dan beristirahat di setiap set, kemungkinan keringat yang dihasilkan tidak begitu banyak.

Namun, cara orang berkeringat bervariasi. Ada yang mengeluarkan banyak keringat, sementara yang lainnya tidak.

"Jika Anda terbiasa dengan cuaca panas, Anda mungkin akan lebih banyak berkeringat pada awalnya karena tubuh Anda tahu cara mendinginkan dirinya sendiri secara efsien. Sementara orang lain mulai berkeringat pada suhu yang berbeda," tandas Berkow.

Berita Terkait

Berita Terkini