Info

Suplemen Vitamin D Baik untuk Tubuh, tapi Jangan Sampai Kelebihan!

Kelebihan vitamin D dapat melemahkan tulang dan merusak ginjal serta jantung.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi vitamin D. (Shutterstock)
Ilustrasi vitamin D. (Shutterstock)

Himedik.com - Vitamin D sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Ini membantu menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat. Karenanya, mengonsumsi suplemen vitamin D perlu.

Tetapi Anda harus berhati-hati ketika mengonsumsi suplemennya, jangan sampai terlalu banyak. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan kalsium menumpuk di dalam tubuh.

"Mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin D dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan terlalu banyak kalsium menumpuk di dalam tubuh (hiperkalsemia)," jelas NHS (layanan kesehatan Inggris).

Kondisi ini dapat melemahkan tulang dan merusak ginjal serta jantung, lapor Express UK.

Ilustrasi suplemen vitamin. (pixabay)
Ilustrasi suplemen vitamin D (pixabay)

NHS mengimbau agar tidak mengonsumsi lebih dari 100 mikrogram (4.000 IU) vitamin D seharu karena dapat berbahaya.

"Ini berlaku untuk orang dewasa, termasuk wanita hamil dan menyusui dan orang berusia tua (lansia), dan anak-anak berusia 11 hingga 17 tahun," imbuh NHS.

Tanda dari hiperkalsemia termasuk mual luar biasa dan nafsu makan menurun. Sementara beberapa orang mengalami muntah, hingga kehilangan berat badan.

"Sakit perut dan diare juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin D. Dalam kasus yang paling ekstrem, dapat menyebabkan gagal ginjal," sambung NHS.

Bagi kebanyakan orang, 10 mcg vitamin D sudah cukup. Untuk anak kecil, di bawah 10 tahun, harus menghindari lebih dari 50 mcg dalam satu hari.

Berita Terkait

Berita Terkini