Info

Genre Musik Berkaitan dengan Kepribadian, Cari Tahu Bagaimana Hasilmu!

Ada banyak hal yang dapat dikulik dari musik, salah satunya kepribadian. Baca penjelasannya!

Rosiana Chozanah

Ilustrasi mendengarkan musik. (Pixabay/kaboompics)
Ilustrasi mendengarkan musik. (Pixabay/kaboompics)

Himedik.com - Hampir semua orang di dunia menyukai musik dan masing-masing orang memiliki selera yang berbeda. Tidak heran apabila platform musik mulai menjamur.

Ada banyak hal yang dapat dikulik dari musik, salah satunya kepribadian.

Beberapa studi psikologis mendukung gagasan bahwa preferensi musik sebenarnya terkait dengan gaya kognitif kita, atau cara kita berpikir serta bereaksi, terhadap lingkungan.

Ada satu studi menganalisis hubungan antara genre musik yang disukai dengan kapasitas peserta studi untuk berempati. Hasilnya menunjukkan tingkat empati terkait dengan preferensi musik seseorang, termasuk dalam genre.

Menurut The Hill, empati merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi, memprediksi, dan merespons dengan tepat keadaan mental orang lain.

Ilustrasi alat musik - (pixabay/tatlin)
Ilustrasi alat musik - (pixabay/tatlin)

Dalam riset ini peneliti menemukan peserta yang cenderung mudah berempati lebih menyukai musik mellow, yang mungkin termasuk ke dalam genre R&B dan soft rock.

Sementara itu, peserta yang lebih menyukai genre dimensi intense seperti heavy metal dan hard rock cenderung menunjukkan bias terhadap pemikiran berbasis logika, daripada menunjukkan empati.

Riset di atas membuktikan bahwa preferensi seseorang terhadap gaya musik tertentu dapat mewakili kepribadian.

Menurut Very Well Mind, berikut beberapa ciri kepribadian yang dikaitkan dengan gaya musik tertentu berdasarkan studi:

  • Musik Pop

Penggemar top 40 pop hits cenderung ekstrovert, jujur, dan konvensional. Meski pecinta musik pop pekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi, peneliti memperkirakan mereka cenderung kurang kreatif dan kurang tenang.

  • Musik Rap dan Hip/Hop

Terlepas dari steriotip bahwa pecinta musik rap lebih agresif atau kejam, para peneliti sebenarnya tidak menemukan hubungan tersebut. Penggemar rap cenerung punya harga diri tinggi dan biasanya ramah.

Mendengar musik. (theriseandshine)
Mendengar musik. (theriseandshine)
  • Musik Country

Penggemar musik country biasanya pekerja keras, konvensional, dan ramah. Meski lagu-lagu country sering berpusat pada patah hati, pecinta genre ini justru sangat stabil secara emosional. Mereka juga cenderung lebih konservatif dan kurang terbuka terhadap pengalaman baru.

  • Musik Rock atau Heavy Metal

Terlepas dari citra agresif yang melekap pada musik rock dan heavy metal, peneliti menemukan penggemar genre musik ini biasanya cukup lembut, kreatif. Namun, mereka seringnya tertutup dan kemungkinan memiliki harga diri yang rendah.

  • Musik Klasik

Pencinta musik klasik biasanya lebih tertutup tetapi juga nyaman dengan diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka. Mereka kreatif dan memiliki rasa harga diri yang baik.

  • Musik Jazz, Blues, dan Soul

Orang yang menikmati musik jazz, blues, atau soul ternyata lebih ekstrovert dengan harga diri yang tinggi. Mereka juga cenderung sangat kreatif, cerdas, dan santai.

Tetapi, ingatlah bahwa ini adalah hasil yang dipublikasikan hanya dalam satu studi, bukan yang direplikasi dan divalidasi oleh berbagai peneliti dan desain studi berbeda.

Berita Terkait

Berita Terkini