Info

Jangan Mengejan saat BAB, Dokter: Agar Tak Kena Wasir

Wasir atau ambeien disebabkan adanya kelainan atau pembesaran pembuluh darah di usus besar bagian akhir atau anus.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi celana dalam/BAB. (Elements Envato)
Ilustrasi celana dalam/BAB. (Elements Envato)

Himedik.com - Banyak orang kesulitan untuk buang air besar (BAB) karena konsumsi makanan yang tidak kaya serat. Tak jarang, seseorang perlu mengejan dengan keras agar feses keluar.

Tetapi, dokter spesialis bedah dari Universitas Udayana, dr Heru Sutanto K, menyarankan agar seseorang tidak mengejan saat BAB.

Hal ini untuk menghindari wasir, yang kemunculannya bisa ditandai keluarnya benjolan di anus.

Maka dari itu Heru menyarankan Anda melakukan gaya hidup sehat termasuk banyak konsumsi makanan mengandung serat dan mengurangi daging merah.

"Jangan mengejan, kuncinya (agar tak kena wasir)," kata dr Heru Sutanto K, dalam sebuah webinar kesehatan, Kamis (2/12), dikutip dari Ayobandung.com---Jaringan Himedik.com.

"Kalau kita makan serat, sayuran tidak tercerna masuk ke usus besar berusaha mengimbangi efek penyerapan air oleh usus besar sehingga konsistensi feses lembek tidak keras," jelasnya lagi.

Selain itu, disarankan untuk mencukupi kebutuhan air minum harian yang juga bermanfaat demi mencegah terkena dehidrasi.

Rutin berolahraga 30 menit sehari minimal lima kali per pekan, mengurangi durasi duduk, menghindari kondisi obesitas juga berkontribusi agar terhindar dari wasir.

Sebagai informasi, wasir atau ambeien disebabkan adanya kelainan atau pembesaran pembuluh darah di usus besar bagian akhir atau anus. Lemahnya pembuluh darah dan gangguan otot di sekitar pembuluh darah bisa juga menjadi penyebab wasir.

Berita Terkait

Berita Terkini