Info

Mencintai Diri Sendiri Itu Penting, Begini Caranya jika Belum Tahu!

Ketika kita tidak mencintai diri sendiri, kita memiliki lebih banyak perasaan negatif dan emosi yang berfokus pada diri sendiri.

Rosiana Chozanah

Bahagia. (unsplash)
Bahagia. (unsplash)

Himedik.com - Mencintai diri sendiri merupakan hal penting. Ketika kita mencintai diri sendiri, kita tidak memerlukan penegasan atau validasi dari orang lain bahwa kita berharga.

Ketika kita tidak mencintai diri sendiri, kita memiliki lebih banyak perasaan negatif dan emosi yang berfokus pada diri sendiri.

Perasaan negatif tersebut bisa berupa merasa kurang, malu, marah, dorongan untuk membuktikan kepada orang lain, dan merasa bersalah.

"Kita mungkin juga menggunakan hal-hal yang membuat kita merasa lebih baik dalam jangka pendek tetapi menyakit dalam jangka panjang secara kompulsif untuk mengurangi emosi negatif kita," jelas Wegscheider-Cruse dalam bukunya 'Learning to love yourself: Finding your self-worth'.

Perilaku kompulsif tersebut misalnya konsumsi alkohol, narkoba, seks, makanan, belanja, atau gila kerja.

Ilustrasi bahagia. (Pixabay/OmarMedinaFilms)
Ilustrasi bahagia. (Pixabay/OmarMedinaFilms)

Mengapa Mencintai Diri Sendiri Itu Penting

Menurut Psychology Today, orang yang tidak mencintai diri sendiri cenderung lebih kritis terhadap dirinya sendiri dan berbicara negatif kepada dirinya sendiri.

Di sisi lain, riset telah menunjukkan bahwa memiliki perasaan positif tentang diri sendiri mungkin merupakan unsur penting untuk kebahagiaan, kesuksesan, dan popularitas.

"Jadi, cinta pada diri sendiri mungkin merupakan kunci untuk menjalani kehidupan yang baik," jelas Crocker, J., & Knight dalam buku mereka yang berjudul 'Contingencies of self-worth. Current directions in psychological science'.

Konsultan sekaligus penulis Tchiki Davis memberikan tips untuk mencintai diri sendiri, yakni:

- Mengasihi diri sendiri
- Latih cinta kasih terhadap diri sendiri dan orang lain
- Memaafkan diri sendiri
- Berlatih bersyukur
- Tunjukkan pada diri sendiri bahwa Anda mencintai diri sendiri.

Cara menunjukkan cinta diri dapat ditunjukkan dengan melakukan tindakan baik apa pun untuk diri sendiri.

Berita Terkait

Berita Terkini