Info

Tak Cuma Refleks Normal, Berkedip Ternyata Bisa Bikin Otak Lebih Fokus

Dengan berkedip, maka seseorang akan menjadi lebih fokus.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi mata berkedip.
Ilustrasi mata berkedip.

Himedik.com - Sebagai refleks tubuh yang normal, berkedip melindungi mata dari benda kotoran dan debu, mencegah mata kering hingga membersihkan mata.

Rata-rata manusia dapat berkedip sekitar 15-20 kali dalam satu menit dan membutuhkan sekitar 400 milidetik, tergantung kondisi masing-masing seseorang.

Namu tahukah Anda, berkedip ternyata bisa lebih dari sekadar melindungi mata?

Dihimpun dari Ayobandung.com---Jaringan Himedik.com, dilaporkan oleh Smithsonianmag, sekelompok ilmuwan Jepang mengungkap fakta bahwa manfaat berkedip dapat membantu seseorang menjadi lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi.

Dalam penelitian Proceedings of the National Academy of Sciences, para ilmuwan itu berhipotesis setelah mendapat fakta menarik mengenai momen seseorang berkedip.

Ilustrasi wanita cerdas berkacamata - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi mata. (Pixabay/Free-Photos)

Menurut mereka, berkedip ternyata tidak dilakukan secara acak, tapi bisa diprediksi pada saat-saat tertentu.

Misalnya ketika seseorang membaca, biasanya dia akan berkedip sesaat setelah membaca kalimat. Atau saat mendengarkan pidato, seseorang akan berkedip ketika pembicara berhenti di sela-sela pernyataan. Kemudian, misal sejumlah orang menonton video yang sama, mereka akan berkedip secara bersamaan pula.

Ilmuwan menyimpulkan, berkedip dilakukan secara tidak sadar merupakan titik istirahat setelah melihat atau memandang visual yang membuat mata jauh lebih fokus. Sehingga, berkedip menjadi momen mata untuk istirahat sejenak.

Tak hanya itu, ilmuwan juga mengemukakan ketika berkedip, maka mental seseorang akan melonjak di suatu area di otak. Area itu berfungsi saat pikiran berada dalam kondisi istirahat.

Aktifnya bagian otak tersebut merupakan istirahat mental secara singkat, sehingga memungkinkan konsentrasi dan perhatian menjadi lebih baik saat mata terbuka kembali.

Dengan demikian, ilmuwan melihat manfaat berkedip tidak hanya mengistirahatkan mata dan melindungi bola mata, tapi dapat meingkatkan kemampuan otak serta mental.

Sebab dengan berkedip, maka seseorang akan menjadi lebih fokus, membuat otak lebih segar, dan kemampuan berpikir menjadi jauh lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini