Info

Sotrovimab, Obat Virus Corona yang Ampuh Cegah Kematian 80 Persen!

Inggris setujui obat virus corona Covid-19, Sotrovimab yang ampuh cegah kematian hingga 80 persen.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi obat virus corona Covid-19 (Pexels)
Ilustrasi obat virus corona Covid-19 (Pexels)

Himedik.com - Obat virus corona Covid-19 baru yang mampu menurunkan risiko kematian hampir 80 persen telah disetujui di Inggris di tengah munculnya varian Omicron.

Obat Xevudy (Sotrovimab) ini telah mendapatkan izin setelah dipastikan aman dan efektif menurunkan risiko rawat inap dan kematian pada pasien virus corona Covid-19.

Obat untuk antibodi ini paling efektif selama tahap awal infeksi virus corona Covid-19 dah harus diberikan dalam waktu 5 hari setelah pasien menunjukkan gejala.

Hasil uji klinis menunjukkan bahwa obat itu mampu mengurangi risiko rawat inap dan kematian hingga 79 persen di antara orang dewasa yang berisiko tinggi terinfeksi virus corona.

Ilustrasi virus corona covid-19, varian Omicron. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona covid-19, varian Omicron. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Obat terobosan itu juga sudah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Produk Kesehatan (MHRA), setelah 10 kasus varian Omicron terdeteksi di Inggris beberapa hari belakangan.

Para ilmuwan memiliki indikasi awal bahwa obat itu bisa melawan mutasi kunci dalam varian Omicron. Tapi juga, masih terlalu dini untuk memastikan seberapa efektif obat itu dalam melawan varian Omicron.

MHRA bekerja sama dengan produsen untuk menetapkan seberapa efektif obat itu dalam membantu pasien yang terinfeksi varian Omicron.

Menteri Bisnis Inggris, George Freeman mengatakan bahwa para ahli terus memantau informasi mengenai varian baru virus corona tersebut.

George mengatakan ada pekerjaan mendesak yang sedang berlangsung dan para menteri mengaku prihatin dengan kemunculan varian Omicron.

"Kami ingin melihat seberapa besar varian Omicron ini mempengaruhi tingkat kerentanan seseorang terhadap virus tersebut," kata George dikutip dari The Sun.

Karena itu, para ahli di Inggris menyarankan semua orang tetap memakai masker di dalam ruangan maupun di luar ruangan, terutama di ruang publik seperti toko dan transportasi umum.

Di samping itu semua, obat Sotrovimab merupakan terapi antibodi monoklonal kedua yang setelah disetujui untuk pasien virus corona, setelah Ronapreve.

Berdasarkan uji klinis, obat Sotrovimab paling efektif bila dikonsumsi pada tahap awal infeksi. Karena itu, MHRA merekomendasikan penggunaannya sesegera mungkin atau dalam waktu 5 hari setelah timbulnya gejala.

Obat tersebut bekerja dengan cara mengikat protein spike di bagian luar virus corona Covid-19. Pada gilirannya, obat ini akan mencegah virus corona menempel dan memasuki sel manusia sehingga tidak bisa bereplikasi di dalam tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini