Info

3 Alasan Makanan Kaya Antioksidan Bagus untuk Penderita Penyakit Jantung

Antioksidan dapat membantu kita menangkal penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Yasinta Rahmawati

Blueberry/unsplash
Blueberry/unsplash

Himedik.com - Setiap orang disarankan untuk memenuhi kebutuhan antioksidan sehari-hari. Sebab, antioksidan punya peran penting untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Harvard TH Chan School of Public Health, menyebut bahwa makanan kaya antioksidan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Dihimpun dari Suara.com---Jaringan Himedik.com, makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan terkait dengan risiko yang lebih rendah dari penyakit terkait stres oksidatif kronis pada sistem kardiovaskular.

Berikut adalah tiga alasan mengapa para penderita penyakit jantung perlu makan makanan kaya antioksidan, dilansir dari Healthshots.

1. Melawan kerusakan akibat radikal bebas

 Radikal bebas merupakan molekul berbahaya yang memakan sel-sel di dalam tubuh dan merusaknya. Peradangan dan stres dapat menyebabkan oksidasi di dalam tubuh yang akan mengembangkan radikal bebas. Ini tidak hanya dapat menyebabkan penyakit jantung, tetapi juga kanker, radang sendi, dan penyakit pernapasan orang dewasa.

Di sini, antioksidan dapat membantu kita menangkal penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas karena mereka bekerja untuk melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh proses oksidasi.

2. Meningkatkan kekebalan dan kesehatan secara keseluruhan

Sistem kekebalan merupakan indikator kesehatan dan prediktor umur panjang. Itu sebabnya, sistem kekebalan tubuh harus dilindungi dengan antioksidan, sehingga kita dapat mencapai penuaan yang sehat.

Kemampuan antioksidan untuk melindungi dari radikal bebas dan menjaga integritas struktural sel dan jaringan membantu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh secara keseluruhan, termasuk memastikan jantung Anda tetap sehat.

3. Mengurangi peradangan

Antioksidan, terutama jenis flavonoid, sangat penting untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioksidan mengungkapkan bahwa makan buah beri dapat secara signifikan mengurangi peradangan.

Studi tersebut menyoroti bagaimana buah beri mengandung flavonoid dan anthocyanin, jenis antioksidan, yang memberikan efek anti-inflamasi.

Makanan kaya antioksidan dapat memastikan tingkat peradangan dalam tubuh tidak meningkat, sehingga memastikan bahwa semua sistem organ, termasuk jantung, tetap sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini