Info

3 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kekebalan Tubuh, Ini Saran Ahli Gizi

Omega 3, protein, dan vitamin D berperan besar dalam menjaga kekebalan tubuh.

Yasinta Rahmawati

Makanan mengandung omega 3. (Istimewah)
Makanan mengandung omega 3. (Istimewah)

Himedik.com - Ahli gizi ingatkan ada tiga nutrisi penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, yaitu omega 3, protein, dan vitamin D.

Tanpa menyepelekan nutrisi lainnya, dokter spesialis gizi dr. Arti Indira, SpGK, mengatakan peran tiga komponen ini sangat vital untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

"Tiga komponen nutrisi perlu diperhatikan akan mendukung tubuh kita, yaitu EPA atau asam lemak omega 3 yang bersifat imunostimulant untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh," ujar dr. Arti acara diskusi bersama Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Jaya, Kamis (2/9/2021), dikutip dari Suara.com---Jaringan Himedik.com.

Untuk asupan omega 3 bisa diperoleh dari ikan salmon, ikan teri, biji kenari, kacang kedelai, ikan sarden, ikan makarel, dan sebagainya.

Sedangkan protein, berfungsi untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak, seperti saat tubuh mengalami luka atau peradangan. Di sini protein bermanfaat dalam merangsang sel baru untuk memperbaiki luka.

Makanan brokoli, susu murni, kacang hitam, kacang edamame, kentang, kembang kol, telur, gandum, keju, kacang almond, dada ayam adalah sumber protein yang bisa dikonsumsi.

Terakhir adalah vitamin D yang berfungsi sebagai antioksidan, sekaligus untuk meningkatkan kinerja sel tubuh.

Vitamin D disarankan didapat dari sinar matahari langsung, bisa dengan aktivitas olahraga di luar ruangan untuk menguatkan otot agar tubuh tetap mendapatkan energi.

Namun dr. Arti juga tidak melarang apabila asupan vitamin tidak mencukupi, bisa mengonsumsi vitamin minum dalam bentuk tablet, minuman, kapsul, dan lain sebagainya yang sering disebut ONS atau Oral Nutritional Supplement, apabila memiliki mobilitas cukup sering di luar rumah.

Berita Terkait

Berita Terkini