Info

Jangan Abaikan Sakit Tenggorokan, 4 Kondisi Serius Ini Bisa Jadi Pemicunya!

Ada beberapa kondisi serius yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sakit tenggorokan - (Shutterstock)
Ilustrasi sakit tenggorokan - (Shutterstock)

Himedik.com - Saat musim dingin, banyak orang rentan terkena flu yang merupakan salah satu gejala umum sakit tenggorokan.

Pada sebagian besar kasus, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, seperti flu biasa atau kebiasaan merokok. Tapi, ada beberapa kondisi serius yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Umumnya dilansir dari The Sun, sakit tenggorokan akan sembuh dengan sendiri dan biasnaya akan hilang dalam waktu seminggu.

Anda juga bisa menghindari kebiasaan merokok dan berada di sekitar orang yang merokok untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.

Anda juga bisa berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur garam dan mencoba mengonsumsi makanan dingin yang bertekstur lembut.

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit tenggorokan. (Shutterstock)

Jika tidak akan pengobatan alami ini yang membantu meredakan sakit tenggorokan, maka Anda harus konsultasi dengan dokter. Karena, ada 4 kondisi yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

1. Abses peritonsil

Abses peritonsil merupakan abses yang berisi nanah dan mematikan, karena bisa membesar sehingga menyumbat saluran udara sehingga Anda sulit bernapas.

Abses akan berisi bakteri yang ditemukan di dekat amandel. Jika Anda kemungkinan menderita kondisi ini, maka Anda perlu konsultasi dengan dokter.

Peritonsillar ini akan terlihat seperti pembengkakan di langit-langit mulut Anda serta di satu sisi tenggorokan Anda.

2. Tumor

Seorang ahli mengatakan bahwa sakit tenggorokan adalah salah satu tanda pertama kanker tenggorokan.

Dr Omid Mehdizadeh seorang otolaryngologist dan laringologist mengatakan tumor yang tumbuh di satu sisi tenggorokan itu bisa menyebabkan rasa sakit di satu sisi saja.

Satu-satunya cara untuk mendiagnosis atau menyingkirkan tumor tersebut adalah konsultasi dengan dokter yang bisa memeriksa benjolan tersebut dan gejala lainnya.

Dokter biasanya akan melakukan laringoskopi untuk mencari polip, tumor, atau tanda-tanda lain dari pertumbuhan yang meradang di dalam laring dan hipofaring.

3. Virus corona Covid-19

Batuk terus-menerus, suhu tinggi serta kehilangan indera penciuman dan bau adalah tanda virus corona Covid-19. Kebanyakan pasien virus corona juga mengalami sakit tenggorokan.

Aplikasi Studi Gejala Covid ZOE telah menunjukkan bahwa sakit tenggorokan adalah salah satu gejala yang paling sering dilaporkan, baik pada orang yang sudah vaksinasi dan belum.

4. Flu

Flu bisa menjadi kondisi yang mematikan bagi orang tua dan orang yang rentan, sehingga Anda tidak boleh mengabaikan. Flu biasanya akan hilang sendiri, tetapi Anda bisa mencoba minum air hangat, mandi air panas dan berkumur dengan air garam.

Jika sakit tenggorokan Anda berlangsung lama, maka Anda harus segera menemui dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini