Info

Jangan Abaikan Kaki Terasa Dingin, Bisa Jadi Tanda 4 Masalah Kesehatan Ini!

Kaki yang selalu terasa dingin bisa jadi disebabkan oleh 4 masalah kesehatan kronis.

Shevinna Putti Anggraeni

kaki kedinginan (Pixabay/tookapic)
kaki kedinginan (Pixabay/tookapic)

Himedik.com - Kaki terasa dingin merupakan hal yang wajar terjadi selama musim dingin. Karena itu, orang-orang biasanya memakai kaos kaki untuk menghangatkannya.

Tapi, kaki yang selalu terasa dingin meskipun sudah memakai kaos kaki harus diwaspadai.

Pada sebagian orang, kaki yang selalu terasa dingin meskipun sudah memakai kaos kaki atau cuaca sedang tidak dingin bisa mengindikasikan masalah kesehatan serius.

Dilansir dari Express, ada beberapa kondisi yang bisa memicu tangan dan kaki terasa dingin. Jika Anda khawatir mengenai hal ini, Anda bisa konsultasi dengan dokter.

1. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme terjadi ketika tiroid Anda kurang aktif dan tidak menghasilkan cukup hormon. Hormon-hormon ini mempengaruhi hampir semua organ Anda dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

Jika Anda menderita hipotiroidisme, kekurangan hormon dapat membuat Anda merasa kedinginan, termasuk pada kaki.

Ilustrasi kaki kedinginan. (Pixabay/xavalox)
Ilustrasi kaki kedinginan. (Pixabay/xavalox)

2. Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh tubuh bereaksi berlebihan pada suhu dingin. Saat cuaca dingin, Anda mungkin mengalami tangan dan kaki Anda mati rasa dan sedingin es.

Bahkan Anda mungkin juga sering kali terlihat pucat atau biru dan berubah menjadi merah ketika sudah panas. Serangan Raynaud dapat disebabkan oleh dingin atau stres, yang terjadi akibat arteri di tangan dan kaki menyempit saat kedinginan.

3. Diabetes

Kaki dingin bisa menjadi komplikasi diabetes, karena kondisi ini bisa membuat Anda berisiko mengalami masalah pada kaki. Adapun komplikasi diabetes yang bisa berdampak pada kaki, seperti neuropati perifer dan penyakit arteri perifer.

a. Neuropati perifer

Neuropati perifer juga bisa menyebabkan kaki terasa dingin. Neuropati perifer dapat terjadi pada orang tanpa diabetes karena penyakit autoimun, kekurangan vitamin, beberapa obat, dan alkoholisme.

Perawatan kondisi ini termasuk mengendalikan diabetes dan mengatasi rasa sakit dengan obat tertentu, seperti amitriptyline, duloxetine atau pregabalin.

b. Penyakit arteri perifer

Arteri perifer terjadi ketika ada masalah dengan aliran darah. Anda mungkin akan mengalami sirkulasi darah yang buruk sehingga menyebabkan kaki terasa dingin.

Kondisi ini juga bisa terjadi pada mereka yang merokok, kelebihan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Tapi, gaya hidup yang sehat bisa membantu mencegah penyakit arteri perifer. Anda juga bisa mengonsumsi statin yang diresepkan dokter.

4. Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan masalah sirkulasi darah yang mengakibatkan kaki terasa dingin. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol di pembuluh darah dan peradangan.

Berita Terkait

Berita Terkini