Info

Mudah Ditemukan, 7 Makanan Ini Ternyata Bisa Cegah Kanker

Sejumlah makanan disebut bisa berperan dalam pencegahan kanker.

Yasinta Rahmawati

Brokoli. (pixabay)
Brokoli. (pixabay)

Himedik.com - Kanker dapat terjadi karena adanya mutasi sel. Sejumlah makanan disebut bisa berperan dalam pencegahan kanker, terutama yang mengandung antioksidan tinggi.

Dihimpun dari Solopos.com---Jaringan Himedik.com, seorang asisten professor di John Hopkins Bloomberg School of Public Health, Jed W. Fahey, mengatakan beragam jenis kandungan senyawa fitokimia dari dapat menjaga sel tubuh dari senyawa berbahaya yang ada di makanan dapat mencegah kanker sejak usia muda.

Di sisi lain, senyawa fitokimia tersebut dapat mencegah sel rusak dan bermutasi. Mudah ditemukan, berikut 7 makanan yang dapat mencegah kanker seperti dikutip dari Bisnis.com pada Kamis (2/12/2021):

1. Bawang Putih

Senyawa sulfur dalam bawang putih memang menyebabkan bau rupanya dapat mencegah kanker terbentuk. Selain itu, sulfur dapat mempercepat perbaikan DNA dan membunuh sel kanker.

Untuk mengaktifkan enzim dan sulfur, kupas dan potong bawang, kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum mengonsumsinya.

Manfaat bawang putih. (Healthline)
Ilustrasi bawang putih.

2. Brokoli

Sayuran silang berwarna hijau pekat ini mengandung senyawa fitokimia glukosinolat. Senyawa tersebut memproduksi enzim yang bertugas menjaga sel. Enzim otomatis terbentuk ketika Anda mengunyah sayuran mentah.

3. Tomat

Kandungan air dalam tomat bisa menjadi pertahanan terhadap kanker prostat. Di sisi lain, warna merah yang berasal dari fitokimia yang disebut likopen, merupakan antioksidan kuat.

4. Stroberi

Stroberi tinggi akan antioksidan seperti vitamin C, asam alegik, dan flavonoid. Asam elagik ini memiliki sifat antikanker yang meningkatkan enzim, menghancurkan zat penyebab kanker, dan mampu memperlambat pertumbuhan tumor.

Manfaat wortel. (unsplash/@Harshal S. Hirve)
Ilustrasi wortel. (unsplash/@Harshal S. Hirve)

5. Wortel

Tak cuma menyehatkan mata, kandungan beta karoten dalam wortel dapat menjaga membran sel tubuh dari kerusakan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Menurut laporan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, wortel yang dimasak mengandung lebih banyak antioksidan daripada mentah.

6. Bayam

Bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, senyawa karotenoid yang melawan radikal bebas dari tubuh Anda sebelum merusaknya. Kandungan ini ditemukan dalam bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karotenoid dapat melindungi terhadap kanker mulut, kerongkongan, dan perut.

7. Gandum/biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh memberikan banyak serat, namun gandum utuh mengandung zat lain yang mungkin melawan kanker, termasuk lignan, yang bertindak sebagai antioksidan, dan saponin, yang bisa mencegah sel kanker untuk memperbanyak diri.

Berita Terkait

Berita Terkini