Info

Jenis Buah Mangga Ini Disebut Bisa Turunkan Kadar Gula Darah

Senyawa bioaktif yang ada dalam buah ini dapat menurunkan kadar gula darah.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)
Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)

Himedik.com - Buah mangga termasuk buah musiman yang disukai banyak orang Indonesia. Buah berwarna oranye yang punya tekstur lembut ini memiliki berbagai jenis. Mulai dari mangga manalagi, mangga madu,mangga arumanis, dan sebagainya.

Dikutip Suara.com---Jaringan Himedik.com, dari Times of India, sebuah penelitian mengungkap manfaat buah mangga jenis Arunika, yang dipercaya dapat mengurangi kadar gula dalam darah.

Berseberangan dengan pandangan umum, buah yang kerap dihindari oleh penderita diabetes ini diklaim aman dikonsumsi penderita diabetes.

Diungkap oleh tim peneliti The Central Institute for Subtropical Horticulture (CISH), buah mangga Arunika yang telah dikembangkan lewat senyawa bioaktif ini memiliki kandungan obat yang sangat tinggi, termasuk kandungan sifat anti-kanker.

"Memang, ini sebuah terobosan besar bagi kami. Mangga merupakan buah yang paling disukai dari banyak jenis hibrida mangga. Para peneliti menemukan mangga Arunika yang dikembangkan CISH, memiliki kandungan kaya akan bioaktif, serta senyawa kandungan mangiferin dan lupeol,"  ungkap Direktur CISH, Shailendra Rajan.

Ia melanjutkan bahwa mangga Arunika yang merah merona, memiliki khasiat obat yang bermanfaat.

"Senyawa bioaktif yang ada dalam buah ini, dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus mencegah penyerapan glukosa di usus. Sedangkan kandungan mangiferin, dapat membantu melindungi kanker payudara dan usus besar," lanjutnya.

Jenis mangga lain yang sedang dikembangkan CISH adalah mangga ‘Saheb Pasand’, yang ia sebut memiliki kandungan lupeol yang cukup tinggi.

Selain itu, senyawa ini juga dikenal oleh farmakologis yang mampu mengobati beberapa penyakit seperti peradangan, radang sendi, diabetes, kardiovaskular, ginjal, toksisitas hati, infeksi mikroba, dan kanker.

Shailendra Rajan mengatakan, pihaknya sudah siap mengembangkan mangga jenis ini. Namun uji laboratorium masih terus dilakukan untuk membandingkan mangga hibrida ini dengan jenis mangga lain.

Dalam waktu dekat, lanjut Rajan, budidaya mangga Arunika akan memberikan pendapatan yang lebih baik, salah satunya petani mangga dan manfaat kesehatan bagi para konsumen.

Berita Terkait

Berita Terkini