Info

Kadar Gulanya Rendah, Berikut Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes

Buah berikut aman untuk penderita diabetes dan mudah ditemukan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi biji buah pepaya (enzymedica)
Ilustrasi biji buah pepaya (enzymedica)

Himedik.com - Buah mengandung banyak nutrisi yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Serat yang ada dalam buah contohnya, bermanfaat untuk pencernaan.

Di sisi lain, buah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab serat dalam buah terbukti efektif memperlambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh, sehingga gula darah tidak cepat naik mendadak.

Meski begitu, Anda perlu berhati-hati dengan kadar gula di dalam buah-buahan.

Dihimpun dari Suara.com---Jaringan Himedik.com, berikut ini beberapa jenis buah yang aman kadar gulanya sehingga baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes:

1. Alpukat

Dilansir dari Times of India, satu buah alpukat utuh hanya mengandung 1,33 gram gula. Anda bisa memasukkannya ke dalam salad, mengoleskannya di atas roti panggang, atau menghancurkannya ke dalam smoothie. Tapi perlu diingat, meski rendah gula alpukat tinggi kalori.

Alpukat. (pixabay)
Alpukat. (pixabay)

2. Jambu biji

Satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung 5 gram gula dan 3 gram serat. Untuk mendapatkan lebih banyak serat, jangan segan konsumsi jambu biji dengan kulitnya.

3. Blewah

Satu irisan blewah hanya memiliki 5 gram gula dan 23 kalori. Blewah yang dikonsumsi langsung lebih tentunya lebih sehat daripada mengolahnya menjadi es blewah dengan tambahan gula.

4. Pepaya

Satu irisan pepaya memberi sekitar 6 gram gula. Anda bisa menambahkannya ke yogurt atau langsung dimakan.

Berita Terkait

Berita Terkini