Info

Penis Sering Ereksi Mendadak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Beberapa pria mungkin sedang menghadapi penis yang sering ereksi mendadak tanpa rangsangan seksual.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi ereksi, penis - (Shutetrstock)
Ilustrasi ereksi, penis - (Shutetrstock)

Himedik.com - Beberapa pria mungkin sering menghadapi masalah ereksi spontan atau ereksi mendadak tanpa adanya rangsangan seksual.

Kondisi ini paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda, tetapi pria dari segala usia bisa mengalami ereksi spontan.

Kondisi ini sepenuhnya normal dan mungkin menunjukkan fungsi seksual yang sehat. Jika seseorang mengalami ereksi spontan tapi tidak bisa mengalami atau mempertahankan ereksi saat terangsang secara seksual, kondisi ini bisa menjadi tanda disfungsi ereksi.

Ereksi spontan bisa terjadi ketika seseorang terangsang dengan memikirkan, melihat atau merasakan sesuatu atau seseorang yang menggairahkan secara seksual.

Saat itu, otak akan mengirimkan sinyal yang memperlebar arteri yang terhubung ke penis, sehingga memungkinkan lebih banyak darah yang masuk. Hal inilah yang menyebabkan penis bengkak dan kaku, yang dinamakan ereksi.

Ilustrasi ereksi (Shutterstock)
Ilustrasi ereksi (Shutterstock)

Ereksi yang terjadi tanpa rangsangan seksual dapat memiliki beberapa penyebab. Pembesaran penis nokturnal yang kadang-kadang disebut morning wood mungkin disebabkan oleh perubahan hormonal pada malam hari atau rangsangan fisik dari kontak dengan seprai.

Pria yang sehat biasanya akan mengalami 3 hingga 5 ereksi saat tidur, masing-masing berlangsung selama 25 hingga 35 menit.

Tingkat hormon juga berfluktuasi sepanjang hari, terutama testosteron yang bisa menyebabkan ereksi spontan.

Pada tahun 2006 dilansir dari Medical News Today, tinjauan studi menyimpulkan bahwa testosteron sangat penting dalam pembentukan ereksi.

Cara Mengatasinya

Ada beberapa hal yang bisa membantu mengelola ereksi spontan, meliputi:

1. Menyembunyikan ereksi

Anda bisa menyembunyikan ereksi spontan dengan duduk di belakang meja, menutupinya dengan tas atau benda lain. Anda juga bisa mengatur cara pakai celana untuk menyamarkan ereksi.

2. Fokus

Anda juga bisa mengatasi ereksi spontan dengan cara memfokuskan pikiran, seperti menyibukan diri dengan mengerjakan tugas-tugas atau aktivitas lain yang bisa mengalihkan pikiran.

3. Hindari tindakan merangsang ereksi lebih jauh

Jika Anda mudah mengalami ereksi ketika mendapatkan rangsangan gerakan atau menonton sesuatu, lebih baik hindari hal-hal tersebut.

4. Mendinginkan tubuh

Pergi keluar rumah ketika cuaca dingin atau mandi air dingin bisa membantu mengatasi ereksi spontan.

Berita Terkait

Berita Terkini