Info

Menjaga Otot Kuat Tak Harus ke Gym, Bisa Dilakukan di Rumah

Menjaga kekuatan otot tidak selalu harus selalu ke gym yang memakan banyak biaya.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Otot memainkan peran penting untuk kebugaran tubuh. Dengan otot yang kuat, bisa menghindarkan dari berbagai masalah kesehatan seperti gangguan otot, nyeri otot, kram otot bahkan tulang melemah. 

Menjaga kekuatan otot tidak selalu harus selalu ke gym yang memakan banyak biaya. Ada lima cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan otot dengan sederhana.

Simak ulasannya yang dilansir dari Sun Health Communities.

Diet sehat yang kata akan protein tanpa lemak merupakan diet andalan bagi para atlet. Protein ini terdiri dari asam amino, di mana ini akan memperbaiki jaringan otot serta mempertahankan otot Anda. Sumber protein ini bisa Anda temukan lewat makanan sehari-hari, mulai dari daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan kacang polong.

Olahraga Latihan Beban

Dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com, olahraga merupakan cara yang ampuh untuk mencegah hilangnya otot pada penuaan. Dengan melakukan latihan beban dan latihan ketahanan lainnya, ini bisa meningkatkan kekuatan dan massa otot Anda. Bahkan ini sangat positif untuk sistem kardiovaskular Anda.

Angkat beban. (Daily Rags)
Angkat beban. (Daily Rags)

Hindari Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Terbukti gaya hidup yang kurang sehat akan berdampak bagi kesehatan Anda. Salah satunya adalah kesehatan otot Anda. Ada baiknya, hindari merokok dan juga alkohol. Dan konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan juga potasium.

Jaga Keseimbangan Hormon

Selain diet dan olahraga, massa otot sangat diatur oleh kadar hormon Anda. Mulai dari estrogen, testosteron, dan juga tiroid. Karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan hormon Anda, salah satunya bisa dengan mengonsumsi suplemen makanan.

Konsumsi Makanan Anti-Inflamasi

Peradangan akut merupakan respons normal yang terjadi di tubuh Anda. Dan ini akan memengaruhi dan merusak jaringan otot Anda. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan dengan sumber anti-inflamasi yang bisa perbaiki otot Anda. Mulai dari sayuran, minyak zaitun, kacang, dan buah beri.

Berita Terkait

Berita Terkini