Info

Gejala Varian Omicron, Dua Kondisi Ini Muncul Lebih Cepat!

Ada dua gejala varian Omicron yang muncul lebih cepat dan mirip pilek.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona covid-19, varian Omicron. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona covid-19, varian Omicron. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Himedik.com - Sejauh ini, gejala varian Omicron masih tergolong ringan dan mirip gejala pilek. Hal ini bisa membuat seseorang bingung dirinya terinfeksi varian Omicron atau pilek.

Sedangkan, para ahli mengatakan bahwa tidak ada cara mudah untuk membedakan gejala varian Omicron dan pilek karena gejalanya yang hampir mirip.

Tapi, Profesor Onkologi Molekuler, Profesor Lawrence Young dan seorang ahli virus menunjukkan karakteristik berbeda antara varian Omicron dan gejala pilek.

"Tampaknya ada tumpang tindi antara gejala pilek dan varian Omicron. Data dari ZOE memperkirakan seperempat orang yang pilek itu justru sedang terinfeksi virus corona," kata mereka dikutip dari Express.

Karena gejalanya yang hampir mirip, pilek biasanya menimbulkan gejala yang bertahap dibandingkan varian Omicron.

Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)
Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)

Pada orang yang terinfeksi varian Omicron, ada dua gejala yang muncul lebih cepat, yakni sakit kepala dan kelelahan. Dua gejala itu muncul paling awal ketika Anda terinfeksi varian Omicron.

Ilmuwan data ZOE juga menganalisis data gejala dari kasus positif yang tercatat dalam studi ZOE Covid dan membandingkan dengan data dari awal Oktober 2021 ketika varian Delta masih dominan.

Hasil analisis tidak menemukan adanya perbedaan jelas antara varian Omicron dan varian Delta, karena hanya 50 persen orang yang mengalami 3 gejala umum, yakni demam, batuk dan kehilangan indera penciuman serta perasa.

Adapun 5 gejala varian Omicron yang paling sering dilaporkan, termasuk:

  1. Pilek
  2. Sakit kepala
  3. Kelelahan
  4. Bersin
  5. Sakit tenggorokan

Sementara ini, varian Omicron diketahui tidak menyebabkan hilangnya indra penciuman dan perasa. Tetapi, varian baru virus corona ini justru memicu hilangnya nafsu makan dan kabut otak sebagai gejala umumnya.

Temuan ini sejalan dengan sejumlah kecil data dari kontributor yang positif virus corona Covid-19 dan diduga terinfeksi varian Omicron.

Beberapa bulan lalu, penelitian ZOE Covid juga membantu mengidentifikasi lebih dari 20 sampel vatian Omicron, yang sebagian besar menunjukkan gejala ringan mirip pilek.

Berita Terkait

Berita Terkini