Info

Begini Cara Mengatasi Mabuk Setelah Pesta di Malam Tahun Baru

Tidak ada obat tunggal untuk mabuk, tetapi mengobati gejalanya dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi mabuk - (PIxabay/jarmoluk)
Ilustrasi mabuk - (PIxabay/jarmoluk)

Himedik.com - Sebagian besar orang menghabiskan hari pergantian tahun dengan berpesta atau hanya berkumpul dengan teman-teman serta keluarga, dan biasanya mereka akan menyediakan alkohol sebagai bentuk perayaan.

Namun, beberapa orang mungkin masih tidak tahu bagaimana cara menyembuhkan efek mabuk di pagi harinya.

Sebagian besar mabuk akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam. Tidak ada obat tunggal untuk mabuk, tetapi mengobati gejalanya dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Berdasarkan Insider, ada beberapa cara rumahan untuk mengatasi efek mabuk. Apa saja?

1. Makan telur

Tubuh akan menghasilkan asetaldehida selama metabolisme alkohol terjadi. Sementara ketika Anda banyak minum alkohol, tubuh tidak dapat memetabolisme asetaldehida dengan cukup cepat.

Terlalu banyak asetaldehida dalam darah telah dikaitkan dengan gejala mabuk seperti sakit kepala, berkeringat, mual, dan muntah.

Menurut artikel 2018 di Journal of Chemistry, telur mengandung asam amino seperti sistein, yang dapat membantu membersihkan asetaldehida dari tubuh.

Ilustrasi wanita minum alkohol (Pixabay/Concord90)
Ilustrasi minum alkohol (Pixabay/Concord90)

2. Makan pisang

Pisang adalah sumber potasium yang baik, elektrolit penting yang bisa terkuras setelah minum alkohol. Kadar elektrolit yang rendah dapat menyebabkan gejala mabuk seperti kelelahan, sakit kepala, mual, kram otot , dan energi rendah.

Satu pisang mengandung 425 miligram potasium, atau sekitar 12% dari nilai harian yang direkomendasikan.

3. Makanan ringan asin

Makan makanan asin dapat membantu mengisi kembali kadar natrium tubuh, yang mungkin juga habis setelah minum alkohol banyak.

Selain makanan ringan, Anda juga bisa makan acar, zaitun, dan sup mie ayam.

4. Perbanyak karbohidrat

Karbohidrat membantu meningkatkan gula darah, yang akan membantu meringankan gejala gula darah rendah yang umumnya terkait dengan mabuk. Tandanya adalah kelelahan dan menjadi lemah.

Jika mabuk membuat Anda merasa mual, Anda mungkin ingin tetap makan makanan hambar seperti roti panggang yang juga akan membantu menenangkan perut.

5. Banyak minum air

Sementara dehidrasi bukan satu-satunya penyebab mabuk, ini adalah penyebab utama. Minum air atau cairan lain saat Anda sedang mabuk akan membantu meringankan gejala dehidrasi, seperti mulut kering, pusing, dan kelelahan.

Minum air bersama minuman beralkohol juga dapat membuat Anda tetap terhidrasi dan kemungkinan mengurangi jumlah alkohol yang dikonsumsi.

Berita Terkait

Berita Terkini