Info

Gejala Varian Omicron, Perhatikan Tanda-tanda Ini Pada Kulit!

Varian Omicron bisa menimbulkan gejala berupa ruam kulit.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi ruam kulit, gejala varian Omicron. (Pixabay)
Ilustrasi ruam kulit, gejala varian Omicron. (Pixabay)

Himedik.com - Varian Omicron yang pertama kali ditemukan di Afrika Seletan telah menyebar ke sebagain besar negara, salah satunya di Indonesia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan varian Omicron ini bisa menimbulkan risiko yang cukup besar dan memberikan tekanan berat pada sistem perawatan kesehatan.

Karena itu, semua orang perlu mewaspadai varian Omicron tersebut. Para ahli tetap menyarankan semua orang untuk tetap melakukan protokol kesehatan ketat, meskipun gejala varian Omicron ini mirip flu biasa.

Saat ini, varian Omicron sudah menyebar cukup pesat di sebagian besar negara. Peningkatan kasus varian baru virus corona ini meningkatkan kekhawatiran yang meluas.

Tapi dilansir dari Times of India, para ahli dan lembaga kesehatan telah mengaitkan varian baru virus corona ini dengan infeksi ringan. Sehingga, hanya sedikit laporan kasus kematian akibat varian Omicron di sejumlah negara.

Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)
Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)

Meski begitu, WHO terus menyarankan semua orang untuk menganggap serius varian Omicron tersebut dan jangan menyepelekan gejala ringannya.

Para dokter telah mendata gejala umum varian Omicron. Menurut aplikasi ZOE COVID Study Inggris, berikut ini gejala umum varian Omicron.

  1. Demam ringan
  2. Tenggorokan gatal
  3. Pilek
  4. Bersin
  5. Nyeri tubuh
  6. Kelelahan
  7. Keringat malam

Selain itu, dua gejala tidak biasa varian Omicron muncul belakangan ini, yakni mual disertai muntah dan kehilangan nafsu makan.

Studi ZOE ini juga menemukan gejala varian Omicron pada kulit, yakni ruam kulit. Sebelumnya, ruam kulit telah dikaitkan sebagai gejala virus corona Covid-19.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa ruam kulit itu bisa menjadi tanda peradangan yang dipicu oleh virus SARS-CoV-2. Setelah itu, ruam kulit harus dianggap sebagai gejala utama virus corona yang perlu diwaspadai.

Selain ruam kulit, jari tangan dan kaki akibat virus corona Covid-19 yang dikenal sebagai chilblain juga termasuk salah satu gejala virus corona ini pada kulit.

Kondisi ini bisa menyebabkan benjolan merah dan ungu pada jari tangan dan kaki, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal.

Ada dua jenis ruam kulit lain yang juga dikaitkan dengan virus corona Covid-19, yakni ruam jenis gatal-gatal dan ruam jenis biang keringat.

Ruam ini bisa muncul berupa benjolan yang bisa memudar dan gatal. Ruam ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja, terutama siku, lutut, punggung tangan dan kaki.

Berita Terkait

Berita Terkini