Info

Sendiri Bukan Berarti Tidak Happy! Begini Cara Bahagia Meski Sendirian

Waktu menyendiri dapat menjadi kesempatan untuk mengenal diri sendiri lebih baik.

Rosiana Chozanah

ilustrasi makan sendirian - (Unsplash/Chetan Hireholi)
ilustrasi makan sendirian - (Unsplash/Chetan Hireholi)

Himedik.com - Menghabiskan waktu sendirian tidak harus berarti Anda kesepian. Waktu menyendiri dapat menjadi kesempatan untuk mengenal diri sendiri lebih baik, meningkatkan kesehatan mental, dan melakukan hal-hal yang Anda sukai.

"Manusia adalah makhluk sosial, terprogram untuk terhubung dengan orang lain. Pada saat yang sama, penting untuk belajar bagaimana menoleransi dan bahkan menghargai waktu sendirian dalam waktu yang lama," kata psikolog Heather Z. Lyons.

Lyons pun memberikan tips agar bahagia walau sendirian, dilansir dari Insider:

1. Kembangkan hubungan dengan diri sendiri

Sendirian memberi kesempatan untuk memelihara hubungan Anda dengan diri sendiri. Namun, tidak selalu mudah untuk melakukan ini.

Misalnya, Anda dapat melakukan ini dengan memikirkan atau membuat jurnal tentang nilai, suka, tidak suka, dan emosi saat itu.

2. Menjadi sukarelawan

Dalam sebuah studi besar tahun 2020 yang dilakukan di Inggris menunjukkan orang yang terbiasa menjadi sukarelawan setidaknya satu bulan sekali, memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada yang jarang menjadi sukarelawan.

Ilustrasi jalan-jalan sendirian (pexels.com) / Trn Long
Ilustrasi jalan-jalan sendirian (pexels.com) / Trn Long

3. Pelajari sesuatu yang baru

Ambil inisiatif untuk menyerap dan mempelajari informasi baru atau melatih keterampilan saat sendirian.

"Ini mungkin termasuk terlibat dalam kegiatan yang membutuhkan keterampilan fungsi eksekutif seperti fokus seperti membaca atau membuat karya baru," imbuh Lyons.

4. Beraktivitas

Aktivitas fisik sangat membantu untuk merasa bahagia.

"Berjalan dengan penuh perhatian, atau terlibat dalam beberapa bentuk aktivitas fisik dapat mengurangi kecemasan," jelas psikiater Leela R. Magavi.

5. Habiskan waktu di alam

Sebuah studi besar tahun 2019 menemukan orang yang menghabiskan setidaknya dua jam di alam selama seminggu jauh lebih mungkin merasakan kesejahteraan dan kesehatan yang lebih besar daripada mereka yang tidak menghabiskan waktu di luar.

Berita Terkait

Berita Terkini