Info

Tak Baik untuk Fisik Maupun Mental, Ini 6 Tips Menghindari Pikiran Negatif

Memiliki pikiran negatif bisa membuat Anda tidak nyaman, baik itu secara fisik maupun mental.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi remaja sedih. (Pixabay)
Ilustrasi remaja sedih. (Pixabay)

Himedik.com - Pikiran negatif bisa mengacaukan hari-hari Anda, bahkan hubungan dengan orang-orang terdekat Anda. Sebab ketika memiliki pikiran negatif, Anda akan sulit percaya dengan tindakan maupun ucapan orang lain.

Seseorang yang punya pikiran negatif biasanya memiliki pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan, sehingga dia tidak mau hal tersebut terjadi lagi di masa depan.

Tentunya memiliki pikiran negatif bisa membuat Anda tidak nyaman, baik itu secara fisik maupun mental.

Dihimpun dari Suara.com---Jaringan Himedik.com, untuk menghindari dari pikiran negatif, ada enam tips yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir dari Times Of India. Ini dia:

  • Pertahankan orang yang memberi afeksi positif

Ketika Anda punya lingkungan dan teman yang positif, afeksi dari mereka bisa membantu Anda menjadi orang yang lebih baik. Jika Anda sudah punya teman yang satu ini, pertahankan mereka. Dengan adanya orang yang positif dan mendukung Anda, maka Anda akan terhindar dari kebiasaan berpikir jelek.

  • Jadilah pribadi yang positif

Apapun situasi yang Anda rasakan, jadilah pribadi yang positif. Dengan pribadi yang positif, Anda akan terhindar dari pikiran negatif. Untuk meningkatkan keseimbangan dan pikiran yang positif, cobalah lakukan meditasi atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, lakukan percakapan yang positif dengan orang lain, serta hanya menonton dan membaca konten positif di media sosial.

Tidak ada gunanya untuk menyimpan dendam. Jika terus menyimpan dendam, Anda akan terus tenggelam di pikiran negatif. Karena itu, jadilah pribadi yang pemaaf dan memaafkan orang lain. Ketika disakiti seseorang, biarkan saja, dan tetaplah lanjutkan hidup. Biarkan karma yang berjalan.

  • Membantu orang lain

Agar terhindar dari pikiran negatif, Anda bisa coba melatih diri untuk membantu orang di sekitar Anda. Sesulit apapun Anda, berikan waktu sedikit untuk mereka. Dengan membantu mereka, ini akan meningkatkan suasana hati serta menjadikan Anda sebagai pribadi positif yang suka membantu sesama.

  • Lakukan aktivitas fisik

Untuk meningkatkan kesehatan batin dan fisik, Anda bisa lakukan olahraga. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan, mulai dari menari, gym, yoga, maupun berlari. Dengan olahraga, ini dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

  • Hindari gosip

Menghabiskan waktu dengan bergosip malah buang-buang waktu. Bahkan, aktivitas ini bisa menguras energi Anda. Bergosip malah menjadikan Anda sebagai pribadi yang negatif, salah satunya iri hati dan tidak ingin melihat orang bahagia. Mulai sekarang, yuk hindari gosip dan bangun kualitas diri Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini