Info

Jangan Pakai Tisu Toilet untuk Bersihkan Organ Intim, Ini 4 Bahayanya!

Pakai tisu toilet untuk membersihkan atau mengeringkan organ intim justru berbahaya.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tisu toilet. (Pixabay/kropekk_pl)
Ilustrasi tisu toilet. (Pixabay/kropekk_pl)

Himedik.com - Anda mungkin salah satu orang yang kebiasaan pakai tisu toilet untuk menyeka atau membersihkan organ intim setelah buang air kecil atau besar.

Kebanyakan wanita melakukan hal ini karena merasa risih organ intim basah setelah buang air kecil. Sehingga, mereka selalu menggunakan tisu toilet untuk mengeringkannya.

Tapi, penggunaan tisu toilet justru tidak dianjurkan. Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa dampak buruk menggunakan tisu toilet.

1. Mengiritasi organ intim

Tisu toilet mengandung bahan kimia formaldehida. Formaldehida bisa sangat mengiritasi bagian organ intim Anda sekaligus menyebabkan mata, kulit dan tenggorokan lebih sensitif.

Ilustrasi tisu toilet
Ilustrasi tisu toilet

2. Memicu alergi

Tisu toilet juga biasanya beraroma harum yang bisa menyegarkan ruangan kamar mandis ekaligus. Tapi, menggunakan tisu toilet ini bisa menyebabkan alergi.

Karena, wewangian buatan bisa mengganggu pH organ intim yang justru akan menyebabkan infeksi jamur jika menggunakannya.

3. Pengaruhi kesehatan reproduksi

Tisu toilet juga sering kali mengandung bisphenol A atau BPA yang mengganggu endorkrin. Secara kimiawi, BPA mirip dengan hormon estrogen yang sangat penting untuk kesuburan dan fungsi rahim.

BPA dapat menyebabkan masalah reproduksi, sehingga menghindari penggunaannya salah satu cara untuk mencegah masalah kesehatan reproduksi.

4. Tidak bekerja baik

Anda mungkin menggunakan tisu toilet untuk membersihkan atau mengeringkan bagian organ intim yang basah.

Sayangnya, penggunaan tisu toilet tidak bekerja demikian, melainkan akan menyebabkan iritasi. Pakai tisu toilet untuk menyeka organ intim juga berisiko menyebarkan kuman dan kotoran ke tangan dan kuku Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini