Info

Diet Keto Dinobatkan Sebagai Diet Terburuk di Dunia

Ini karena diet keto membuat pelakunya nyaris sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi menu makan diet keto. (pixabay/zuzyusa)
Ilustrasi menu makan diet keto. (pixabay/zuzyusa)

Himedik.com - Diet keto dinobatkan sebagai diet terburuk di dunia, predikat ini dikeluarkan Diet Rankings US News & World Report, yang setiap tahunnya mengumpulkan ahli kesehatan, untuk menentukan diet terpopuler dan terbaik untuk dilakukan.

Mengutip Insider, untuk menentukan ranking ini, ahli menilai berdasarkan ukuran kesehatan secara umum, seberapa mudah dilakukan, dan seberapa efektif menurunkan berat badan untuk mencegah penyakit.

Hasilnya peneliti menyimpulkan bahwa diet keto jadi diet yang terburuk untuk dilakukan selama 2022, demikian dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com.

Ini karena diet keto membuat pelakunya nyaris sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat. Kondisi ini membuat tubuh memasuki keadaan ketosis, yaitu kondisi tubuh membakar lemak sebagai sumber energi.

Sehingga tubuh mendapatkan energi bukan dari glukosa yang dihasilkan dari karbohidrat. Pelakunya juga mengonsumsi makanan berlemak dalam porsi besar atau 70 persen asupan makanan berlemak.

Ilustrasi diet keto. (shutterstock)
Ilustrasi diet keto. (shutterstock)

Padahal diet keto tidak bisa diterapkan untuk semua orang, karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi jangka panjang.

Apalagi ahli jantung memperingatkan diet keto membuat asupan lemak jenuh terlalu banyak, seperti daging merah, mentega, hingga bacon. Hal ini bisa meningkatkan risiko kolesterol dan penyakit jantung.

Tidak mengonsumsi karbohidrat juga membuat tubuh membatasi makanan sehat padat nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian hingga kacang-kacangan.

Cara ini hanya membuat tubuh kehilangan kesempatan memperoleh nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan serat.

Berita Terkait

Berita Terkini