Info

Cara Mudah agar Disukai Banyak Orang, Tak Cuma dari Penampilan

Psikologi sosial menunjukkan rasa suka dan cinta sering dipicu oleh faktor sederhana, apa saja?

Rosiana Chozanah

Curhat dengan teman. (pixabay)
Curhat dengan teman. (pixabay)

Himedik.com - Proses ketertarikan dari interaksi tidak selalu misterius, atau ditentukan oleh kemampuan unik seseorang, seperti kecerdasan atau humor.

Namun, penelitian dalam psikologi sosial menunjukkan bahwa rasa suka dan cinta sering dipicu oleh faktor sederhana, seperti seberapa sering Anda berpapasan dengan seseorang.

Berdasarkan Psychology Today, ada penelitian yang menunjukkan cara agar lebih disukai banyak orang. Hal ini membantu Anda bersosialisasi secara lebih baik.

1. Dilihat orang lain

Semakin kita terpapar pada sesuatu, cenderung semakin menyukainya. Fenomena yang disebut efek eksposur belaka membantu menjelaskan mengapa kita cenderung memiliki musik yang sudah familiar daripada lagu baru.

Jadi, berusahalah untuk terlihat berulang kali. Misalnya, pergi ke suatu tempat di waktu yang sama agar bertemu dengan orang yang sama juga, nyalakan kamera selama rapat Zoom atau mengomentari postingan teman. Namun, jangan berlebihan.

2. Mengingat nama

Mengingat nama seseorang itu penting karena menandakan bahwa mereka penting bagi Anda. Di sisi lain, gagal mengingat nama seseorang atau detail penting lainnya tentang mereka, akan menghancurkan kedekatan hubungan.

Ilustrasi Ngobrol dengan Teman Lama. (pexels.com)
Ilustrasi Ngobrol (pexels.com)

3. Ajukan pertanyaan

Jadilah seseorang yang ingin tahu tentang orang lain dan ajukan pertanyaan kepada mereka.

Studi menunjukkan orang yang lebih banyak bertanya saat bercakap-cakap dianggap lebih responsif dan disukai oleh lawan bicara.

Untuk membuat kesan yang baik, jadilah lebih tertarik pada orang lain daripada menjaga image baik.

4. Tersenyum

Terlepas dari pepatah 'jangan menilai buku dari sampulnya', kita tetap menilai seseorang berdasarkan penampilan mereka. Tersenyum cerah dapat membuat Anda terlihat lebih menarik.

Para peneliti mengatakan bahwa tersenyum dapat mengimbangi ketidakmenarikan yang relatif. Jadi, apabila Anda ingin dianggap lebih menarik, maka tersenyumlah.

5. Temukan kesamaan

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang menyukai orang lain yang memiliki minat, nilai, dan sifat kepribadian sama. Jadi, berusahalah untuk bertemu orang dengan minat yang sama.

Berita Terkait

Berita Terkini