Anak

Orangtua Yuk Temani Anak Bermain, Ini Lho Manfaatnya

Bermain bersama adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun hubungan yang kuat dengan anak.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi anak bermain. (Pixabay/ID 5712495)
Ilustrasi anak bermain. (Pixabay/ID 5712495)

Himedik.com - Sudah sewajarnya anak-anak membutuhkan waktu bermain yang cukup untuk menunjang perkembangan motorik. Meski orangtua mungkin sudah lelah bekerja seharian, ada baiknya untuk meluangkan waktu menemani anak bermain.

Sebab menemani anak bermain memberi banyak manfaat jangka panjang, baik secara mental, fisik, dan sosial bagi anak. Apa saja manfaatnya? Ini dia, seperti dilansir dari laman Exchange Family Center.

1. Bermain membantu anak mengembangkan semua jenis keterampilan

Dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com, menemani anak bermain adalah salah satu cara untuk membantunya mengembangkan keterampilan sosial dan pengendalian diri. Otak anak bagaikan spons yang mampu menyerap segala sesuatu di sekitarnya. Saat mereka berinteraksi dengan orangtua dan orang lain, mereka belajar bagaimana orang berperilaku dalam kehidupan sosial.

Penelitian telah menghubungkan manfaat bermain pada anak dengan pengembangan keterampilan khusus berikut:

  • Kreativitas
  • Memori
  • Keterampilan motorik kasar
  • Fleksibilitas kognitif
  • Pengaturan emosi
  • Keterampilan kepemimpinan

Keterampilan di atas didapat anak saat ia bermain dengan sebaya mereka. Namun saat anak bermain bersama orangtuanya, hal ini akan memperluas imajinasi anak, karena orangtua kerap melakukan permainan dengan cara yang tidak diduga oleh anak.

Ilustrasi anak bermain gadget dengan ortu. (pixabay)
Ilustrasi anak bermain gadget dengan ortu. (pixabay)

2. Bermain membantu membangun hubungan yang kuat antara orangtua dan anak

Bermain bersama adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun hubungan yang kuat dengan anak. Bermain menambah kegembiraan, vitalitas, dan ketahanan dalam hubungan. Bermain bisa menyembuhkan kemarahan dan perselisihan. Melalui bermain, anak belajar mempercayai orang lain dan merasa aman.

Dengan kata lain, bermain bersama anak akan meningkatkan kualitas hubungan Anda dan anak pada tingkat yang lebih dalam. Bermain dan tertawa memainkan berperan penting dalam membangun hubungan orangtua-anak yang kuat dan sehat.

3. Bermain juga baik untuk kesehatan orangtua

Orangtua juga menerima manfaat dari bermain dengan anak. Hormon oksitosin, yang berperan dalam ikatan antara orangtua dan anak, dilepaskan setiap kali orangtua terlibat dalam permainan penuh kasih sayang dengan anak-anak mereka dari segala usia.

Jadi, pada saat Anda merasa terlalu lelah untuk bermain dengan anak, Anda dapat mencoba membingkai ulang situasinya. Anggap saja sebagai pijat relaksasi untuk pikiran Anda yang tidak perlu Anda bayar!

Berita Terkait

Berita Terkini