Info

Tanpa Olahraga, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Ada kebiasaan sehari-hari yang membantu menurunkan berat badan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi berat badan. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi berat badan. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Olahraga dan mengatur pola makan adalah cara paling umum untuk menurunkan berat badan.

Tapi, ada cara lain yang lebih tidak biasa untuk membakar kalori. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari bisa membantu menurunkan berat badan, meskipun tanpa olahraga.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa kebiasaan hari-hari yang bisa membantu menurunkan berat badan tanpa olahraga.

1. Mandi air panas

Mandi air panas adalah cara yang bagus untuk bersantai di malam hari dan menghilangkan stres. Tapi ternyata, menghabiskan waktu hingga 1 jam di bawah shower air hangat atau berendam air hangat bisa menurunkan berat badan.

Saat Anda mandi air hangat, tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu normalnya. Pada akhirnya, cara ini akan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

Ilustrasi mandi air panas (unsplash)
Ilustrasi mandi air panas (unsplash)

Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi air panas selama satu jam dapat membakar 130 kalori dan mungkin merupakan strategi yang baik untuk menurunkan berat badan.

2. Minum air dingin

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Tapi, cara minum air yang baik bisa meningkatkan pembakaran kalori.

Jika Anda lebih suka minum air dengan suhu ruangan atau hangat, menambahkan beberapa es batuk ke dalamnya bisa membantu menurunkan berat badan.

Saat Anda minum air dingin, tubuh Anda harus menghangatkannya hingga mencapai suhu tubuh yang akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

3. Mengendus vanila

Jika Anda pernah merasa bahwa aroma kue yang baru dipanggang dapat membuat Anda bertambah gemuk, Anda akan lega bila mengetahui bahwa bau tertentu justu akan membantu menurunkan berat badan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan akan terbantu dalam prosesnya menurunkan berat badan dengan cara mengendus aroma vanila. Karena, aroma vanila dari kue, makanan atau parfum bisa menekan nafsu makan.

4. Melakukan pekerjaan rumah

Melakukan pekerjaan rumah, seperti mengepel lantai, mencuci piring, dan membersihkan kaca bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga kebersihan rumah.

Melakukan pekerjaan rumah yang menghabiskan waktu satu jam penuh bisa membantu membakar 100 kalori, seperti menguras bak mandi. Sedangkan, menggosok kamar mandi selama 35 menit bisa membakar kalori sama banyaknya dengan berjalan di atas treadmill selaam 35 menit.

5. Minum teh hijau

Teh hijau penuh dengan antioksidan yang bisa membuat kulit terlihat lebih muda dan membantu membakar kalori secara efektif. Karena teh hijau mengandung kafein dan katekin yang bisa meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh memecah lemak lebih mudah.

Tapi, hanya satu cangkir teh hijau sehari tidak akan memberikan manfaat kesehatan tersebut. Penelitian menunjukkan Anda perlu minum 3 hingga 5 gelas teh hijau sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Berita Terkait

Berita Terkini