Info

Kopi Hitam Tanpa Gula Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Begini Penjelasannya

Tidak hanya menurunkan berat badan, kopi juga bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Yasinta Rahmawati

Kopi. (depositphotos)
Kopi. (depositphotos)

Himedik.com - Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kopi juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Bahkan, kopi hitam disebut-sebut bisa membantu menurunkan berat badan. Lalu bagaimana penjelasannya? 

Ahli diet dari Preg Appetit, Ashley Shaw mengatakan, bila mengonsumsi kopi tanpa gula tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan.

“Tidak hanya menurunkan berat badan, kopi juga bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan,” ungkapnya, melansir Insider.

Berdasarkan laporan, kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, serta antioksidan. Kandungan ini tentu dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Tak hanya itu, kandungan kafein pada kopi ini juga membantu meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, hingga menurunkan berat badan.

 Dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com, ada beberapa manfaat jika Anda mengonsumsi kopi hitam, ini dia!

Ilustrasi kopi. (pixabay)
Ilustrasi kopi. (pixabay)

Kopi Hitam Rendah Kalori

Dikatakan, kopi hitam disebut merupakan minuman rendah kalori. Karena, penurunan berat badan dikaitkan dengan defisit kalori, yakni ketika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

“Meski kopi hitam rendah kalori, kopi hitam dapat menjadi tinggi kalori, gula, dan lemak, jika dicampur dengan susu dan gula yang berbeda,” ungkap Ashley Shaw.

Meningkatkan Metabolisme

Kandungan kafein pada kopi ini, merupakan stimulan yang dapat meningkatkan metabolisme basal (BMR), di mana metabolisme ini dikenal sebagai tingkat membakar kalori saat istirahat.

Lewat studi yang dilakukan tahun 2018 mengatakan, peserta yang minum kopi selama dua bulan memiliki metabolisme yang lebih besar. Metabolisme yang tinggi memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori, yakni ketika istirahat atau selama aktivitas fisik yang dikaitkan dengan penurunan berat badan.

“Ada banyak penelitian tentang bagaimana konsumsi kopi berdampak positif bagi BMR. Namun, penting untuk diingat bahwa kita memetabolisme makanan dan minuman pada tingkat yang berbeda,” lanjut Shaw.

Kopi Bermanfaat Untuk Mengurangi Rasa Lapar

Meski tidak ada penelitian yang cukup menentukan hubungan sebab-akibat kafein dan mengurangi nafsu makan, tapi penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi kadar ghrelin, di mana hormon tersebut membuat tubuh merasa lapar.

Studi tahun 2014 menemukan, peserta yang mengonsumsi kopi setiap hari berdasarkan tingkat ghrelin mereka, dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan makan.

“Kafein juga merangsang hormon kenyang peptide YY (PYY). Jika lebih banyak PYY, berarti Anda akan merasa kenyang dan tidak terlalu lapar,” simpul Shaw.

Berita Terkait

Berita Terkini