Info

5 Jus Buah dan Sayur Terbaik untuk Bantu Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi juga bisa membantumu saat menjalani program diet.

Rendy Adrikni Sadikin

Ilustrasi detoksifikasi.(Unsplash.com/ svetikd)
Ilustrasi detoksifikasi.(Unsplash.com/ svetikd)

Himedik.com - Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran racun dan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dari beberapa organ seperti paru-paru, hati, dan ginjal. Semakin banyak zat tersebut menumpuk, maka proses pengeluaran racun pada tubuh sangat diperlukan. Detoksifikasi juga bisa membantumu saat menjalani program diet.

Dikutip dari Nourished.com, tak hanya membantu program diet, detoksifikasi tubuh memiliki banyak manfaat lainnya. Sebut saja membantu meningkatkan energi, menjaga kesehatan mental, mengurangi rasa nyeri, memulihkan siklus tidur, melancarkan pencernaan, dan memperkuat kekebalan tubuh. Baik nutrisionis maupun praktisi kesehatan menganjurkan kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman tertentu seperti buah dan sayuran sebagai bahan detoks alami.

Jika tidak begitu menyukai sayur, kamu dapat membuatnya dalam bentuk jus dengan campuran buah di dalamnya. Kamu tetap dapat merasakan cita rasa jus yang nikmat dan menyegarkan. Ingin tubuh terdetoksifikasi alami? Rekomendasi campuran buah dan sayur berikut ini bisa kamu coba.

1. Jus Naga Mix Wortel

Jus buah naga mix wortel.(Unsplash.com/ Dzevonila)
Jus buah naga mix wortel.(Unsplash.com/ Dzevonila)

Jus ini tampak paling cantik dan menarik untuk diminum karena tampilan warnanya yang menggugah selera. Buah naga memiliki kandungan vitamin C, vitamin B2 & B3, kalsium, zat besi, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan pada buah naga dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Jangan lupa untuk selalu menyimpan buah naga di dalam kulkas agar tetap terjaga kesegarannya.

Untuk membuat jus ini kamu hanya perlu menyiapkan ¼ bagian buah naga, ½ bagian wortel, sedikit air, dan tambahkan beberapa potongan timun. Setelah diblender dan diberi hiasan untuk tampilan yang lebih cantik, jus ini siap menjadi minuman detoks favorit bagi siapa pun.

2. Jus Detoks Apel Lemon Mentimun

Kombinasi buah lemon, apel dan mentimun di dalamnya menciptakan kombinasi sempurna untuk proses detoksifikasi tubuh. Apel diketahui mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah dengan antioksidan tinggi ini juga mengandung serat pektin yang berguna untuk mengeluarkan aditif makanan dan zat logam pada tubuh. Tentu saja hal ini dapat mengoptimalkan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Buah lemon sebagai sumber vitamin C juga kaya akan kandungan antioksidan. Air lemon diketahui dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh, membersihkan tubuh dari racun, dan juga melancarkan pencernaan. Sedangkan mentimun memiliki kadar air yang banyak sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Untuk membuat jus ini kamu hanya perlu menyiapkan 4 buah apel hijau, 2 buah lemon, 2 mentimun, dan segelas air. Haluskan dengan blender dan sajikan dengan gelas berukuran sedang.

3. Jus Detoks Apel Wortel

Jus yang satu ini memiliki warna jingga yang terlihat menyegarkan mata. Kombinasi yang dibuat tak kalah menyegarkannya. Wortel dengan kandungan vitamin A, vitamin K, kalium, antioksidan, dan serat pektin. Serat pektin ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk membuatnya cukup siapkan 1 buah apel besar, 2 buah wortel besar, 2 buah jahe, dan tambahkan sedikit nanas agar jus lebih segar dan kaya rasa. Masukkan ke dalam blender lalu sajikan dengan gelas berukuran sedang.

4. Jus Detoks Hijau

Jus detoks hijau.(Unsplash.com/Anna-Ok)
Jus detoks hijau.(Unsplash.com/Anna-Ok)

Jus detoks hijau berbahan dasar jeruk, lemon, apel, bayam dan juga kangkung. Bahan yang bervariasi ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Sebagian orang mungkin tidak begitu menyukai minuman berbahan dasar sayuran. Namun, dengan campuran buah lemon dan apel di dalamnya akan menciptakan cita rasa yang berbeda.

Siapkan 2 buah jeruk, 1 buah lemon, 1 buah apel, 1 lembar daun kangkung, dan beberapa helai baby bayam. Masukan semua bahan tadi ke dalam blender, lalu tuangkan ke dalam gelas dan nikmati kelezatannya.

5. Jus Detoks Merah

Jus berwarna merah ini berbahan dasar buah stroberi, apel, wortel, dan lemon. Bahan-bahan tersebut kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dipercaya dapat merawat dan mengencangkan kulit.

Untuk membuatnya kamu perlu menyiapkan 2 buah apel, 4 buah stroberi, 3 buah wortel dan 3 sendok makan air lemon. Sudah terbayang bagaimana segar dan enaknya jus satu ini?

Resep jus detoks di atas telah dikelompokkan dengan pertimbangan manfaat dan kandungan yang tepat. Proses pembuatannya pun cukup mudah dan lezat untuk diminum. Campuran sayuran di dalamnya sangat baik untuk kesehatan dan cocok untuk kamu yang malas makan sayur secara langsung. Bahkan dari studi yaitu Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran baik untuk kesehatan mental seperti dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Agar proses detoksifikasi bekerja secara maksimal, kamu tentu harus menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti minum air putih yang cukup setiap hari, mengatur pola makan, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Tunggu apalagi? Yuk, temukan resep jus detoks favoritmu!

Berita Terkait

Berita Terkini