Info

Pasangan Langsung Tidur Pulas Setelah Berhubungan Seks, Ternyata Ini Penyebabnya!

Beberapa pasangan biasanya langsung tidur pulas setelah berhubungan seks, terutama pria.

Shevinna Putti Anggraeni

Berhubungan seks (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)
Berhubungan seks (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)

Himedik.com - Beberapa orang mungkin sering melihat pasangannya langsung tertidur pulas setelah berhubungan seks, terutama pria. Hal ini kerap kali membuat jengkel atau merasa terabaikan.

Rupanya, ada alasan ilmiah di balik pria yang seringkali tidur pulas setelah berhubungan seks.

Anda perlu memahami bahwa berhubungan seks menciptakan rangsangan seksual yang terbukti meningkatkan aktivitas otak.

Saat berhubungan seks, kita cenderung santai. Pada akhirnya, kia melepaskan banyak stres dan kecemasan yang menumpuk sepanjang hari.

Penelitian menggunakan pemindaian positron emission tomography (PET) telah membuktikan bahwa seseorang akan lebih mudah tertidur ketika rileks dan melepaskan stres.

Ilustrasi hubungan seks. (Shutterstock)
Ilustrasi hubungan seks. (Shutterstock)

Tapi, pria cenderung tidur lebih cepat karena campuran bahan kimia yang dilepaskan ketika mereka ejakulasi, termasuk norepinefrin, serotonin, oksitosin, vasopresin, oksida nitrat (NO), dan hormon prolaktin.

Pelepasan prolaktinlah yang membuat perbedaan antara pria dan wanita. Karena, hormon ini terkait dengan kepuasan seksual.

Pria yang kekurangan hormon ini terkadang juga memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat.

"Tingkat prolaktin secara alami lebih tinggi selama tidur dan hewan yang disuntik dengan bahan kimia menjadi mudah lelah," kata para ahli di Program Pelaporan Sains, Kesehatan, dan Lingkungan Universitas New York dikutip dari The Sun.

Hal ini menunjukkan hubungan kuat antara prolaktin dan tidur, jadi kemungkinan pelepasan hormon selama orgasme menyebabkan pria merasa mengantuk.

Prolaktin juga menjelaskan mengapa pria lebih mengantuk setelah berhubungan seks daripada setelah masturbasi. Sebab, orgasme ketika berhubungan seks melepaskan prolaktin empat kali lebih banyak daripada orgasme masturbasi.

Berita Terkait

Berita Terkini