Info

Redakan Sakit Punggung dengan Tiga Cara Mudah Ini, Salah Satunya Aktivitas Fisik

Berikut cara meredakan sakit punggung.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi sakit punggung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit punggung. (shutterstock)

Himedik.com - Sakit punggung sangat umum terjadi dan gejalanya bisa sangat menyakitkan dan kronis. Penyebabnya pun berbagai macam.

"Penyebab paling umum sakit punggung mungkin terkait dengan ketegangan otot, ligamen keseleo, perubahan rematik, skoliosis, hingga patah tulang," jelas Ketua Kedokteran di Rumah Sakit Universitas Staten Island, Theodore Strange.

Apa pun peneybabnya, berdasarkan laman Eat This, Not That, sakt punggung dapat diobati dengan:

1. Minum ibuprofen

"Ibuprofen adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit," jelas dokter sekaligus pendeiri Kaizen Progressive Wellness, Steve Hruby.

Cara kerja obat NSAID adalah dengan menghalangi produksi prostaglandin, bahan kimia yang berkontrobusi pada peradangan dan rasa sakit.

Ilustrasi sakit punggung. (Pexels//Karolina Grabowska)
Ilustrasi sakit punggung. (Pexels//Karolina Grabowska)

2. Oleskan krim atau koyo panas

Menempelkan koyo panas dapat membantu mengendurkan otot yang tegang dan meningkatkan aliran darah.

"Peningkatan aliran darah dapat membawa nutrisi dan oksigen ke area yang sakit, yang dapat meningkatkan penyembuhan. Panas juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan," sambung Hruby.

3. Bergerak

"Latihan ringan, seperti peregangan atau yoga, dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit," lanjut Hruby.

Selain itu, olahraga juga membantu meningkatkan fleksibiltas dan kekuatan, yang dapat membantu mengurangi risiko cedera di masa depan.

"Berolahraga juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan," tandas Hruby.

Berita Terkait

Berita Terkini