Info

Tak Perlu Mandi Tiap Hari, Cukup Bersihkan 3 Bagian Tubuh Ini Setiap Hari!

Ada 3 bagian tubuh yang harus dibersihkan setiap hari tanpa mandi setiap hari.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi mandi (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi mandi (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Mandi setiap hari salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Tetapi, beberapa laporan menemukan bahwa mandi setiap hari mungkin tidak diperlukan. Mandi berlebihan bisa menghilangkan bakteri sehat, membuat kulit kering, pecah-pecah, gatal dan iritasi.

Menurut para ahli dilansir dari Times of India, hanya ada 3 bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara teratur, terlepas dari Anda memilih mandi setiap hari atau tidak.

1. Ketiak

Jika Anda banyak berkeringat, tubuh Anda akan menghasilkan bau yang tidak sedap akibat penumpukan bakteri pada kulit. Pertumbuhan bakteri paling tinggi di lipatan kulit seperti ketiak.

Hal ini akan membuat ketiak Anda sangat bau dan menyebabkan gatal-gatal dan peradangan. Membersihkan ketiak Anda dengan sabun dan air setiap hari akan membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhannya. Kondisi ini akan mengurangi risiko masalah kulit dan membuat bau Anda harum.

Ilustrasi ketiak (Elements Envato)
Ilustrasi ketiak (Elements Envato)

2. Selangkangan

Meskipun Anda tidak mandi setiap hari, Anda perlu membersihkan area selangkangan dan mengganti pakaian dalam setiap hari.

Kulit dan rambut yang terlipat di sekitar alat kelamin dapat menampung jutaan bakteri berbahaya, yang menyebabkan infeksi dan bau.

Kondisi ini juga menempatkan Anda pada risiko mengembangkan penyakit serius. Membersihkan bagian pribadi Anda dengan air hangat dan sabun dapat menjaga kulit sensitif tetap lembut dan bebas keringat.

3. Kaki

Kaki salah satu bagian tubuh yang paling diabaikan, terutama dalam hal kebersihan. Orang sering melompat ke kamar mandi, menggosok seluruh tubuh dan tidak memikirkan kaki karena mereka menganggap air juga akan mengalir ke arah kaki.

Tapi, kaki membutuhkan perhatian lebih karena keringat menumpuk di bagian ini, terutama bila Anda rutin memakai kaus kaki. Anda harus membersihkan dan menggosoknya setiap hari untuk mencegah bau.

Selain ketiga bagian tubuh di atas, Anda juga perlu membersihkan bagian bawah kuku, belakang telinga, pusar dan bagian belakang leher setiap hari.

Berita Terkait

Berita Terkini